Comscore Tracker

5 Hal yang Pantang Dilakukan Pebisnis Kuliner, Wajib Dihindari!

Jangan mengabaikan hal ini jika ingin sukses

Bisnis kuliner merupakan salah satu prospek bisnis yang paling menjanjikan dibandingkan dengan jenis bisnis lainnya. Keuntungan yang besar dengan modal kecil serta memiliki banyak peminat merupakan salah satu faktor utama mengapa bisnis kuliner dianggap lebih menjanjikan dibandingkan dengan jenis bisnis lainnya. Oleh sebab itu, tak heran jika banyak orang berminat berkecimpung di bisnis kuliner.

Namun sebelum memutuskan untuk mendirikan bisnis kuliner, terdapat beberapa hal yang wajib kamu hindari. Nah, berikut ini ulasan 5 hal yang pantang dilakukan pebisnis kuliner yang perlu kamu ketahui.

1. Mencuri resep orang lain

5 Hal yang Pantang Dilakukan Pebisnis Kuliner, Wajib Dihindari!ien.com

Hal pertama yang pantang dilakukan oleh pebisnis kuliner adalah mencuri resep orang lain. Mencuri resep orang lain gak hanya bisa membuat nama bisnismu tercemar, namun kamu juga bisa berurusan dengan hukum, jika resep tersebut telah dipatenkan oleh pemilik aslinya. Nah, daripada melakukan tindakan kriminal tersebut, akan lebih baik jika kamu menciptakan sendiri resep untuk menu makananmu.

Untuk lebih mudah menarik pelanggan, ciptakan resep dengan cita rasa yang unik namun bisa bikin lidah bergoyang. Selain itu, kamu bisa memberikan promo untuk setiap menu yang baru untuk lebih menarik minat pelanggan untuk mampir ke tempatmu.

2. Menggunakan bahan baku yang tidak terjamin kualitasnya

5 Hal yang Pantang Dilakukan Pebisnis Kuliner, Wajib Dihindari!health.clevelandclinic.org

Nah, ini hal yang sering diabaikan dalam menjalankan bisnis kuliner yaitu menggunakan bahan baku yang tidak terjamin kualitasnya. Meski harganya relatif murah dibandingkan dengan bahan baku yang lebih terjamin kualitasnya, namun hal tersebut justru akan menyebabkah kerugian di kemudian hari.

Makanan atau minuman yang menggunakan bahan baku yang murah dan tidak terjamin kualitasnya, akan cenderung berakibat buruk bagi kesehatan, seperti diare dan gangguan kesehatan lainnya.

Parahnya lagi, jika bahan baku yang digunakan dalam kondisi yang tidak layak seperti sudah busuk atau sudah kedaluwarsa, maka bisa membuat pelanggan langsung merasakan efek sampingnya. Tentu hal tersebut bisa membuat pelanggan mengajukan keluhan pada bisnis kulinermu dan membuat nama bisnismu menjadi buruk di mata masyarakat karena menggunakan bahan baku yang tidak layak sehingga berbahaya bagi kesehatan.

Sebaiknya jangan hanya mengutamakan keuntungan saja, namun juga perhatikan dampaknya bagi pelangganmu. Jangan sampai hanya karena memikirkan keuntungan saja, kamu membahayakan kesehatan  pelangganmu dan bisnis kulinermu terancam dituntut oleh para pelanggan.

Baca Juga: 5 Tips Ini Akan Membantu Buat Kamu yang Berniat Mencoba Bisnis Kuliner

3. Menaikkan harga tanpa disertai peningkatan cita rasa

5 Hal yang Pantang Dilakukan Pebisnis Kuliner, Wajib Dihindari!today.com

Kenaikan harga merupakan hal wajar dalam bisnis kuliner, karena harga bahan baku yang terus mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Meski begitu, sebaiknya naikkan harga dengan disertai peningkatan cita rasa agar pelanggan tetap tertarik untuk datang ke tempatmu.

Jangan sampai pelanggan enggan untuk datang ke tempatmu, karena harga yang naik namun tidak disertai dengan peningkatan cita rasa, dan bahkan cita rasa menjadi menurun karena menginginkan keuntungan yang lebih banyak.

4. Mempekerjakan karyawan yang tidak bisa menjaga kebersihan

5 Hal yang Pantang Dilakukan Pebisnis Kuliner, Wajib Dihindari!possector.com

Kebersihan merupakan salah satu hal  utama yang harus diperhatikan saat berbisnis kuliner. Jika tempat untuk mengolah dan menyiapkan makanan atau minuman tidak bersih, tentu akan berpengaruh pada kondisi makanan dan minuman yang disajikan.

Selain itu, pelanggan yang melihatnya pun menjadi tidak berselera untuk membeli makanan atau minuman yang kamu jual. Oleh sebab itu, hindari mempekerjakan karyawan yang tidak mampu menjaga kebersihan karena hal tersebut akan berdampak besar pada bisnis kulinermu.

5. Mengabaikan kritik dan saran dari pembeli

5 Hal yang Pantang Dilakukan Pebisnis Kuliner, Wajib Dihindari!rewardsnetwork.com

Seorang pembeli adalah raja, oleh sebab itu harus diperlakukan dengan baik. Salah satunya yaitu dengan mendengarkan kritik dan sarannya. Mengabaikan kritik dan saran dari pembeli hanya akan membuat mereka enggan untuk kembali lagi ke tempatmu. Selain itu, kritik dan saran dari pembeli juga bisa kamu gunakan untuk lebih meningkatkan kualitas bisnis kulinermu.

Ingat, salah satu kunci kesuksesan dari bisnis kuliner adalah mau menerima kritik dan saran dari pembelinya.

Nah, itulah ulasan 5 hal yang pantang dilakukan oleh pebisnis kuliner dan wajib buat dihindari. Berbisnis bukan hal yang sulit jika kamu mau terus belajar dan menanggapi kritik dan saran dari orang lain dengan bijak. Semoga bermanfaat ya!

 

Baca Juga: Bingung Mau Bisnis Apa? 6 Tanda Passion Cocok Dijadikan Bisnis

Eliza ustman Photo Verified Writer Eliza ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya