Comscore Tracker

Ini "Deal" Jumlah Pajak yang Harus Dibayar Google ke Indonesia

Siapa target selanjutnya?

Permasalahan dugaan penghindaran pajak oleh perusahaan besar internet, Google dengan pemerintah Indonesia segera menemui titik terang. Seperti yang kita tahu, pemerintah Indonesia tiba-tiba ingin mematok pajak kepada Google selayaknya perusahaan lain yang berdiri di Indonesia.

Seperti dikutip dari Fortune.com, Google dikabarkan telah berbincang dengan pemerintah Indonesia. Deal yang dimaksud pun diduga telah dicapai. Pencapaian kesepakatan baru ini akan terjadi dalam beberapa pekan ke depan. Google juga akan membayar semua pajak dan denda yang dijatuhkan pemerintah Indonesia. Deal tersebut juga sudah disesuaikan dengan kerugiaan yang diterima Indonesia selama ini.

Google harus membayar hampir 5,4 triliun rupiah.

Ini Deal Jumlah Pajak yang Harus Dibayar Google ke IndonesiaFahrul Jayadiputra/ANTARA FOTO

Menurut Muhammad Haniv, kepala bagian kasus khusus Direktorat Jenderal Pajak, Google memiliki pajak yang tidak terbayarkan selama lima tahun terakhir. Untuk kalkulasinya, Google bisa saja membayar 400 juta Dollar AS atau setara 5,4 triliun rupiah.

Uang tersebut dianggap angka yang pantas mengingat segala kegiatan Google di Indonesia selalu dilaporkan kembali ke kantor di Singapura. Namun, dalam pemberitaan Wall Street Journal, Google dan Indonesia mencapai kesepakatan unik selain 400 juta tadi.

Ini Deal Jumlah Pajak yang Harus Dibayar Google ke Indonesiatechmalak.com

Angka 73 juta Dollar AS atau mencapai 989 miliar rupiah telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Angka tersebut diduga bagian dari Tax Amnesty atau pengampunan pajak yang tengah kencang berjalan di Indonesia. Hasil ini juga membuat Google membayar kurang dari satu miliar rupiah.

Baca Juga: Google Sesumbar Fitur Kamera Pixel Terbaik di Dunia. Coba Kita Buktikan!

Disebutkan pula pajak yang harus dibayarkan Google bisa saja berkurang lagi. Usai Google, perusahaan internet besar lainnya yang menjadi target Indonesia adalah Facebook.

Facebook disebut hutang lebih dari dua triliun rupiah.

Ini Deal Jumlah Pajak yang Harus Dibayar Google ke IndonesiaStefanie Loos/Reuters viia ibtimes.co.uk

Haniv kemudian menjabarkan target berikut Indonesia. Dilansir Ibtimes.co.uk, Facebook disebut memiliki hutang mencapai 148 juta Dollar AS atau lebih dari 2 triliun rupiah. Angka tersebut masih dihitung dan menurut Haniv mencapai 3 triliun rupiah. Tentunya perhitungannya adalah pajak dan denda.

Juru bicara Facebook di Jakarta, Yunita Purnamasari tidak banyak berkomentar terkait Facebook jadi target pajak berikutnya dari Indonesia. Namun, yang kita tahun Facebook punya lebih dari 88 juta pengguna aktif di Indonesia.

Pemerintah masih berusaha untuk membuka pembicaraan dengan Facebook sendiri. Dirjen Pajak Indonesia masih mengincar berbagai sosial media lain yakni Twitter dan Yahoo. Selain itu, perusahaan elektronik Apple pun dikabarkan jadi target.

Baca Juga: Ponsel 'Lego' Google Resmi Dibatalkan, Ini yang Akan Kamu Lewatkan!

Topic:

Berita Terkini Lainnya