Comscore Tracker

Kumpul Jagoan, Kelas Perencanaan Keuangan ala Bank Jago 

Belajar kelola uang? Ikut aja Kumpul Jagoan!

Jakarta, IDN Times - Bank Jago meluncurkan Kumpul Jagoan, sebuah wadah edukasi bagi masyarakat untuk saling bertemu, berkolaborasi, dan mendukung satu sama lain dalam upaya meraih tujuan keuangannya.

Lahirnya Kumpul Jagoan didorong oleh tingginya kekhawatiran masyarakat terkait tantangan keuangan dalam kehidupan sehari-hari serta keinginan untuk meningkatkan kemampuan mengelola keuangan.

1. Gandeng berbagai komunitas di Indonesia

Kumpul Jagoan, Kelas Perencanaan Keuangan ala Bank Jago Para peserta mengikuti acara peluncuran Kumpul Jago (Dok. Bank Jago)

Kumpul Jagoan Bank Jago berkolaborasi dengan berbagai komunitas di Indonesia untuk mendengarkan minat dan tantangan yang dihadapi selama ini. Berangkat dari hal tersebut, perseroan membuka berbagai forum diskusi serta merumuskan berbagai kegiatan yang disesuaikan dengan minat dan kebutuhan dari para pesertanya.

Head of Sustainability Bank Jago Andy Djiwandono mengungkapkan Kumpul Jagoan akan memfasilitasi berbagai kegiatan berbasis komunitas yang akan dilaksanakan di berbagai kota di Indonesia. Sebagai life-centric finance solution, Bank Jago berupaya untuk memahami kebutuhan masyarakat termasuk tantangan finansial yang sering kali dialami dalam keseharian, seperti kesulitan membayar tagihan bulanan, memisahkan uang untuk berbagai kebutuhan hingga sulitnya perencanaan dalam mengelola keuangan.

"Dengan hadirnya Kumpul Jagoan, kami percaya program ini tak hanya akan membantu masyarakat untuk belajar meningkatkan kesehatan finansialnya, tetapi juga membuka kesempatan untuk para peserta bersama-sama berkolaborasi mengembangkan diri agar mereka semakin jago mengatur keuangan,” jelas Andy.

Baca Juga: Begini Cara Tokopedia-Bank Jago Genjot Inklusi Keuangan Digital

2. Angkat topik ringan dan sederhana

Kumpul Jagoan, Kelas Perencanaan Keuangan ala Bank Jago Head of Sustainability Bank Jago Andy Djiwandono memberikan paparan kepada peserta (Dok. Bank Jago)

Kumpul Jagoan pun mengangkat topik sederhana yang diangkat berangkat dari pengelolaan keuangan sehari-hari. Pembahasan dalam program ini bisa dengan mudah diterapkan di kehidupan, seperti pengembangan personal dan karier, kesehatan mental (mental health), pengasuhan anak (parenting), serta berbagai aspek yang berfokus pada kehidupan.

Untuk memberikan nilai lebih bagi para peserta, rangkaian kegiatan akan diisi oleh berbagai pakar, seperti pakar keuangan, psikologi, dan parenting. Kumpul Jagoan juga terbuka untuk diikuti oleh semua lapisan masyarakat. Jadwal dan topik kegiatan akan secara berkala akan disampaikan melalui media sosial dan situs resmi Bank Jago.

3. Kumpul Jagoan tingkatkan kapasitas diri peserta

Kumpul Jagoan, Kelas Perencanaan Keuangan ala Bank Jago Certified Financial Planner Nadia Harsya saat memberikan materi tentang pengelolaan keuangan saat usai berlangsungnya peluncuran Kumpul Jagoan, Jakarta, Kamis (25/8/2022). (Dok Bank Jago)

Almanda Nabila dari Komunitas Ibu Canggih Finansial yang turut hadir dalam acara peluncuran Kumpul Jagoan mengungkapkan acara ini sangat bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat. Menurutnya, para peserta bisa belajar berbagai hal yang dapat meningkatkan kapasitas diri, seperti mengelola keuangan agar uang bulanan untuk kebutuhan keluarga dan pribadi bisa tetap aman.

"Selain itu, kegiatan ini juga membuat saya bisa berjejaring dan berkolaborasi dengan teman-teman yang berasal dari komunitas lain maupun berkonsultasi dengan pakar keuangan sehingga kami bisa mendapatkan solusi atas tantangan yang dihadapi,” ujar Almanda.

Lebih jauh, Bank Jago melalui Aplikasi Jago (Jago App) saat ini sudah tertanam di berbagai ekosistem digital. Kolaborasi dengan ekosistem digital merupakan salah satu aspek penting dalam memampukan nasabah mencapai tujuan keuangannya. Saat ini, aplikasi Jago telah terhubung dengan platform digital, seperti Bibit, Gojek, dan Stockbit.

”Hadirnya fitur Jago juga memudahkan kebutuhan kami sehari-hari sebagai ibu, salah satunya dengan adanya Kantong Arisan. Dengan menggunakan satu kantong, kita dapat mengundang seluruh partisipan arisan dan mengatur keuangan bersama di dalam kantong tersebut jadi semua nya lebih aman dan transparan,” tambah Almanda. (WEB)

Baca Juga: Langkah Daftar Bank Jago Melalui HP, Siapkan KTP-mu!

Topic:

  • Evan Yulian Philaret
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya