Comscore Tracker

8 Tips Sederhana Mencegah Perilaku Boros, Saatnya Berhemat!

Simpel tapi efektif

Baru terima gaji, tapi belum akhir bulan pun uang sudah habis? Banyak dari kita pasti pernah, atau bahkan sering mengalaminya. Hal ini sering kali terjadi akibat perilaku konsumtif alias boros, seperti membeli sesuatu hingga berlebihan atau tidak bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan.

Untuk mengendalikan kebiasaan borosmu, berikut 8 tips sederhana yang bisa kamu lakukan supaya kondisi keuanganmu terjaga.

1. Gunakan uang tunai saat berbelanja

8 Tips Sederhana Mencegah Perilaku Boros, Saatnya Berhemat!Pixabay.com/quinntheislander

Selalu bawa uang tunai secukupnya saat hendak berbelanja. Pasalnya, menggunakan kartu debit dan kredit sering membuat orang kesulitan mengontrol pengeluaran mereka. Kamu akan jauh lebih sadar dengan pengeluaranmu saat membayar dengan uang daripada "menggesek".

2. Bawa uang kertas baru

8 Tips Sederhana Mencegah Perilaku Boros, Saatnya Berhemat!Pixabay.com/jenikmichal

Meski kedengarannya sepele, menyimpan uang kertas baru di dalam dompet juga merupakan salah satu kiat menghindari pemborosan. Uang yang masih baru dan rapi pasti sayang untuk dikeluarkan ketimbang uang yang sudah kumal, bukan?

3. Buat daftar belanjaan

8 Tips Sederhana Mencegah Perilaku Boros, Saatnya Berhemat!Freepik.com/freepik

Sebelum berbelanja, ada baiknya kamu membuat daftar belanjaan. Prioritaskan membeli barang-barang yang kamu butuhkan terlebih dahulu, bukan yang kamu inginkan.

Dengan mengetahui apa yang harus kamu beli, kamu terhindar dari menghabiskan banyak waktu di pasar yang akhirnya dapat membuatmu lapar mata. Lantas, membeli sesuatu yang tidak perlu.

4. Berbelanja sendirian

8 Tips Sederhana Mencegah Perilaku Boros, Saatnya Berhemat!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Gak usah ragu pergi berbelanja sendirian. Berbelanja bersama teman-teman justru berisiko membuatmu membeli barang-barang tak terduga– yang setelah dipikir-pikir–tidak begitu penting untukmu.

Baca Juga: 5 Tips Berhemat untuk Kamu yang Baru Punya Penghasilan, Terapkan!

5. Terapkan aturan 20 detik sebelum membeli sesuatu

8 Tips Sederhana Mencegah Perilaku Boros, Saatnya Berhemat!Unsplash.com/Joshua Rawson-Harris

Saat kamu tergoda ingin membeli sesuatu yang tidak ada dalam daftar belanjamu, luangkan waktu sejenak kurang lebih 20 detik untuk berpikir. Seberapa penting barang itu untukmu? Seberapa besar manfaatnya? Jika jawabannya tidak begitu memuaskan, segera buang keinginan itu dari benakmu!

6. Batasi penggunaan uang elektronik

8 Tips Sederhana Mencegah Perilaku Boros, Saatnya Berhemat!Unsplash.com/John Tuesday

Transaksi dengan uang elektronik memang memberikan banyak kemudahan, belum lagi ada banyak promo dan diskon yang ditawarkan. Namun di sisi lain, hal ini juga bisa membuatmu mengeluarkan uang tanpa pikir panjang, bahkan bisa mendorongmu ke dalam gaya hidup konsumtif.

Oleh karena itu, bijaksana lah dalam memanfaatkan kemudahan dari uang elektronik. Batasi saldo, pengeluaran, dan jenis transaksi yang kamu lakukan. Intinya, terapkan aturan yang sama sebagaimana halnya uang fisik.

7. Makan di rumah sebelum pergi ke luar

8 Tips Sederhana Mencegah Perilaku Boros, Saatnya Berhemat!Freepik.com/freepik

Sebelum kamu pergi beraktivitas, alangkah baiknya jika kamu makan di rumah terlebih dahulu. Perut yang kenyang akan mencegahmu dari godaan jajanan di luar. Selain bisa berhemat, makan makanan rumahan juga lebih sehat dan aman.

8. Jangan lupa menabung

8 Tips Sederhana Mencegah Perilaku Boros, Saatnya Berhemat!Freepik.com/freepik

Setiap kali gajian, jangan lupa menyisihkan uangmu ke dalam tabungan terlebih dahulu (20% atau 30% dari gaji, misalnya). Selain uangmu tidak berisiko habis semuanya, kamu juga punya simpanan untuk masa darurat kelak.

Demikian 8 tips serderhana untuk menghindari kebiasaan boros. Yuk, ciptakan kondisi finansial yang sehat mulai dari sekarang.

Baca Juga: 5 Cara Berhemat yang Tidak Membuatmu Seperti Orang Susah

Fatimah Nasir Photo Verified Writer Fatimah Nasir

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya