Comscore Tracker

5 Kesalahan dalam Menggunakan TikTok Shop untuk Berbisnis, Catat!

Jangan ulangi kesalahan ini jika tak ingin gagal berbisnis

Keberadaan teknologi masa kini memang seolah memudahkan banyak hal di sekitar. Salah satunya adalah memudahkan proses promosi dan transaksi sesuatu. Salah satunya juga termasuk dengan keberadaan TikTok Shop.

TikTok Shop seolah menjadi salah satu wadah berjualan yang mudah di sosial media. Namun, sayangnya hal ini bisa sulit maksimal jika kamu kerap melakukan beberapa kesalahan berikut. Simak, ya!

1. Tidak paham cara kerja TikTok dengan baik

5 Kesalahan dalam Menggunakan TikTok Shop untuk Berbisnis, Catat!ilustrasi ponsel (pexels.com/@jeshoots)

Kesalahan pertama adalah tidak memahami cara kerja TikTok dengan baik. Banyak orang yang mencoba peruntungan di TikTok Shop, namun justru belum paham mengenai cara kerjanya.

Tak heran bila sebaiknya kamu dapat berusaha memahami cara kerja dari TikTok terlebih dahulu. Jika sudah cukup paham, maka barulah kamu bisa mencoba berbisnis dengan menggunakan TikTok Shop.

2. Tidak melakukan survey terlebih dahulu sebelum membuat konten

5 Kesalahan dalam Menggunakan TikTok Shop untuk Berbisnis, Catat!ilustrasi kerja tim (pexels.com/@canvastudio)

Membuat konten TikTok bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Nyatanya, kamu tidak bisa sembarangan mengunggah konten, tanpa melakukan survey terlebih dahulu.

Survey yang dimaksud adalah dengan mencari tahu kebutuhan target market terlebih dahulu. Barulah kamu bisa mencari tahu apa yang sedang trend saat ini, entah itu dari ide konsep konten, hingga hal-hal pendukung lainnya seperti lagu atau filter. Dengan demikian, kontenmu akan berkembang dan dapat menarik perhatian banyak orang.

Baca Juga: 10 Kesalahan Berbisnis Online yang Bikin Tokomu Sulit Berkembang

3. Tidak konsisten dalam membuat konten

5 Kesalahan dalam Menggunakan TikTok Shop untuk Berbisnis, Catat!ilustrasi konten kreator (pexels.com/@ivan-samkov)

Satu tantangan utama dari setiap konten kreator yang ingin berbisnis di TikTok Shop adalah konsisten. Mungkin banyak kreator yang kreatif, namun tak banyak pula yang bisa konsisten dalam membuat konten.

Padahal jiika kamu tak konsisten dalam membuat konten, maka jangkauan targetmu pun akan terbatas. Kamu juga jadi tak bisa memasarkan produkmu dengan lebih luas, sebab alasan tersebut.

4. Tidak menggunakan TikTok Ads

5 Kesalahan dalam Menggunakan TikTok Shop untuk Berbisnis, Catat!ilustrasi live streaming (pexels.com/@kampus)

Selayaknya sosial media lain, keberadaan Ads ternyata cukup penting dalam mendukung promosi suatu produk. Hal inilah yang tentu dapat dimanfaatkan apabila kamu tertarik menggunakan TikTok Shop untuk berbisnis.

Kesalahan dengan tidak menggunakan Ads justru bisa membuat jangkauan produkmu jadi terbatas. Kamu jadi tidak bisa menjalankan usaha yang maksimal, sebab jangkauannya yang tak luas.

5. Lupa menambahkan hastag atau caption menarik

5 Kesalahan dalam Menggunakan TikTok Shop untuk Berbisnis, Catat!ilustrasi ponsel (unsplash.com/@freestocks)

Penggunaan hastag dan caption juga turut menjadi pertimbangan dalam menggunakan TikTok Shop. Biasanya, para konten kreator akan menggunakan beragam hastag dengan caption yang menarik untuk mengambil perhatan para audiens.

Justru bisa menjadi kesalahan apabila kamu sampai lupa dalam menambahkan hastag atau pun tidak menggunakan caption yang menarik. Jika begitu, maka tentu tampilan kontenmu pun jadi kurang menyita perhatian orang banyak.

Ternyata memang ada aturannya tersendiri jika ingin sukses berbisnis di TikTok Shop. Terpenting jangan sampai mengulangi kesalahan tersebut jika tak ingin gagal dalam berbisnis di TikTok Shop. Pastikan caranya tepat, ya!

Baca Juga: 5 Alasan TikTok Shop Semakin Berkembang, Gampang Cari Cuan

Finley Shin Photo Verified Writer Finley Shin

Penulis biasa yang ingin selalu mencoba hal baru :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya