Comscore Tracker

Menteri Koperasi dan UMKM: Jangan Selamanya Mau Jadi Karyawan

Puspayoga mendorong anak muda jadi pengusaha

Jakarta, IDN Times - Kemajuan sistem teknologi dan informasi semakin mempermudah kehidupan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan adanya kemajuan teknologi, hal tersebut dapat membuka peluang untuk berwirausaha. 

Menteri UMKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga kemudian memberikan tips kalau kalian ingin menjadi pengusaha yang sukses. Apa aja sih tipsnya?

 

1. Anak muda harus memiliki mental wirausaha

Menteri Koperasi dan UMKM: Jangan Selamanya Mau Jadi Karyawan(Menteri Koperasi dan UMKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga) IDN Times/Fitang Aditia Budhi

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengimbau kepada seluruh anak muda yang telah menyelesaikan pendidikan sarjana atau program master agar memanfaatkan kesempatan teknologi digital 4.0 dengan menjadi pengusaha. Jangan justru bekerja di perusahaan orang lain. 

“Harapan saya (anak muda) jangan jadi karyawan terus. Karyawan hanya tahapan, tahapan selanjutnya jadilah seorang wirausaha, jadi seorang pengusaha karena banyak kesempatan terbuka untuk jadi pengusaha di revolusi industri 4.0,” kata Puspayoga saat membuka acara Top Karir Expo di Gedung Smesco, Jakarta Selatan, Jumat (16/11).

Baca Juga: 5 Hal Positif yang Bisa Kamu Dapatkan dari Berwirausaha, Yuk Memulai!

2. Di industri 4.0, apa pun bisa dijadikan lahan usaha

Menteri Koperasi dan UMKM: Jangan Selamanya Mau Jadi Karyawan(Para pencari kerja di job fair) IDN Times/Fitang Budi Aditia

Pria kelahiran Denpasar, 53 tahun silam ini memberikan beberapa contoh bidang usaha yang telah memanfaatkan revolusi industri 4.0. Usaha apa pun yang memberikan manfaat bagi manusia, maka tidak tertutup kemungkinan itu bisa menjadi peluang bisnis baru. 

“Beli sate beli, beli rawon, beli fashion seperti baju, sepatu tinggal di ponsel aja terus (barang) datang. Ini wujud revolusi industri. Kalian semua berkesempatan bisa jadi kaya,” kata Puspayoga.

3. Untuk jadi pengusaha tidak membutuhkan modal besar

Menteri Koperasi dan UMKM: Jangan Selamanya Mau Jadi Karyawan(Antrean para pencari kerja) IDN Times/Fitang Budi Aditia

Ia juga mengatakan, untuk menjadi pengusaha di zaman super canggih ini tidak perlu membutuhkan modal yang besar. Cukup dengan melihat peluang yang ada dan kemudian dikembangkan melalui dunia digital.

“(Dulu) mau jadi pengusaha hotel harus punya hotel, mau jadi pengusaha restoran harus punya restoran, sekarang tidak punya hotel dan restoran pun bisa (jadi pengusaha),” ujar Puspayoga. 

4. Pengalaman kerja juga dibutuhkan sebelum jadi pengusaha

Menteri Koperasi dan UMKM: Jangan Selamanya Mau Jadi Karyawan(Ilustrasi para pencari kerja di acara Job Fair) IDN Times/Fitang Budi Aditia

Namun, ia menambahkan sebelum terjun menjadi seorang wirauaha, ada baiknya anak muda bekerja lebih dulu. Menurutnya, pengalaman sekecil apapun di perusahaan bisa dimanfaatkan untuk membuka peluang usaha nantinya.

“Manfaatkan ilmu di sekolah dengan sebaik-baiknya. Berikan manfaat sebesar-besarnya di perusahaan dan berikan manfaat untuk diri kita dengan sebaik-baiknya. Harus cari pengalaman dulu dengan bekerja,” kata dia. 

Jadi, kalian sudah siap jadi wirausaha?

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah Jurusan Kewirausahaan

Topic:

  • Santi Dewi

Just For You