Comscore Tracker

Sidak Pasar, Mendag Pastikan Harga Sembako Aman

Jangan panik belanja sembako ya

Surabaya, IDN Times – Sabtu (12/5), pasar Wonokromo Surabaya kedatangan Menteri Perdagangan,, Enggartiastio Lukita. Kedatangan Enggartiastio guna melakukan inspeksi mendadak (sidak) terkait harga-harga komoditi pangan di Surabaya. Selama sidak ini, Enggartiastio menemukan fakta-fakta lapangan terkait harga bahan pokok makanan.

1. Harga sembako masih stabil

Sidak Pasar, Mendag Pastikan Harga Sembako AmanIDN Times/Fitria Madia

Bahan pangan pokok sehari-hari seperti beras, gula, dan garam masih berada dalam angka stabil. Harga bahan makanan tersebut yang terdapat di pasar Wonokromo masih berada di bawah harga eceran tertinggi.

Untuk beras dengan kualitas medium (beras Bulog) berada di kisaran harga Rp 8.500-9.000 per kilogram. Sedangkan beras dengan kualitas premium masih berada di bawah kisaran Rp11 ribu-13 ribu per kilogram. Komoditi gula pun berada di kisaran harga Rp11.500-12.500 per kilogram. Garam dapur pun masih berada di harga normal yaitu Rp 5.000.

“Sesuai yang tadi kita lihat dan kita saksikan sendiri, bukan hanya omongan. Yaitu, beras baik medium (stoknya) tersedia dengan harga di bawah harga eceran tertinggi. Dan bukan hanya sesaat,” ujar Enggartiasto.

2. Kualitas beras Bulog dapat bersaing dengan beras premium

Sidak Pasar, Mendag Pastikan Harga Sembako AmanIDN Times/Fitria Madia

Selain mengecek harga komoditi pangan, Enggartiasto juga memastikan kualitas beras medium yang ada di pasaran. Dia membandingkan beras medium dengan beras premium yang dianggapnya sudah cukup setara.

“Memang masih ada image bahwa beras Bulog adalah beras yang tidak layak. Tetapi kalau kita lihat bersama, baik tingkat kepecahannya maupun rasanya hampir setara dengan premium,” ujarnya.

Enggartiasto mengaku sudah membuktikan hasil olahan beras Bulog dalam kondisi matang

“Saya sudah nyoba yang kuning. Saya minta bu Dirjen untuk masak di rice cooker dan saya coba yang terakhir. Dan saya coba yang impor Vietnam dan Thailand,” tambahnya.

3. Persediaan daging di Jatim juga masih aman

Sidak Pasar, Mendag Pastikan Harga Sembako AmanIDN Times/Fitria Madia

Enggartiasto juga menemukan fakta bahwa harga daging di pasaran masih dalam batas aman yaitu sekitar Rp 100.00-105.000 per kilogram. Harga ini masih berada di bawah ambang batas harga eceran tertinggi yaitu Rp 110.000.

Sebenarnya, pemerintah pusat telah menyediakan daging beku yang siap didistribusikan ke daerah-daerah.

“Tapi kalau pemerintah daerah menyatakan tidak, ya silahkan. Daging beku sebenarnya adalah opsi untuk masyarakat yang menginginkan kualitas daging yang bagus namun dengan harga yang rendah.”

Line IDN Times

Topic:

Just For You