Comscore Tracker

Wajib Tahu! 5 Tips Nongkrong Aman agar Kamu Tak Selalu Boros

Jangan biarkan dompet jadi seret

Kadang ketika akhir pekan tiba, kamu bersiap untuk nongkrong bersama teman-teman untuk sekadar mengusir penat atau berkumpul membahas hal-hal yang seru. Kadang, menjadi tak rasional ketika mengeluarkan budget hanya untuk nongkrong. Padahal, tanpa kamu sadari, sekali nongkrong saja bisa membuat isi dompetmu berkurang banyak.

Agar tak menjadi kebiasaan, kamu harus tahu tips bagaimana mengelola keuangan agar nongkrongmu aman dan kamu tak merasa menyesal setelahnya. Apa saja itu? Yuk, simak tips nongkrong hemat di bawah ini!

1. Beri batas pengeluaran maksimal

Wajib Tahu! 5 Tips Nongkrong Aman agar Kamu Tak Selalu BorosUnsplash/Artem Beliaikin

Kamu harus menghitung dan menetapkan kira-kira berapa uang yang harus kamu keluarkan tiap kali nongkrong bersama teman-temanmu. Pastinya, kamu harus melihat tempat tongkronganmu. Apakah selalu sama atau berganti tempat? Ini memudahkanmu untuk memberi batas maksimal uang yang harus kamu keluarkan.

2. Jangan pilih menu karena lapar mata

Wajib Tahu! 5 Tips Nongkrong Aman agar Kamu Tak Selalu BorosUnsplash/Sunrise Photos

Ini sering terjadi. Kamu tampak bersemangat membeli makanan dan minuman yang terlihat enak dan lezat sehingga melupakan batas pengeluaran untuk nongkrong. Kamu pun tak sadar menu yang kamu pesan sangat banyak.

Kamu bisa memesan menu dengan harga terjangkau dengan porsi yang cukup banyak. Jika kamu tidak terlalu lapar, baiknya pilih menu yang menyajikan camilan enak sebagai teman mengobrolmu.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Ini Tanda Kamu Cewek yang Pintar Berhemat

3. Jangan terlalu sering mentraktir teman

Wajib Tahu! 5 Tips Nongkrong Aman agar Kamu Tak Selalu BorosUnsplash/Herson Rodriguez

Boleh saja kamu mentraktir teman-temanmu, mungkin sebagai ungkapan syukur atau balas budi karena kamu ada rezeki lebih hari ini. Namun, jika kamu bisa menekan atau menahan keinginan untuk membayar makanan dan minuman teman-temanmu, itu akan jauh lebih bagus.

Itu karena ada baiknya uang yang lebih kamu sisihkan untuk ditabung atau untuk kebutuhan mendesak lainnya.

4. Jangan selalu utamakan gengsi untuk sekadar nongkrong tiap akhir pekan

Wajib Tahu! 5 Tips Nongkrong Aman agar Kamu Tak Selalu BorosUnsplash/Alexis Brown

Kadang, kamu sungkan menolak ajakan atau merasa gengsi bila tak ikut nongkrong bersama teman-temanmu. Namun, sesekali, kamu berhak untuk menolak ajakan tersebut.

Jika bisa menghemat dan menahan diri untuk tidak ikut nongkrong bersama mereka, kamu secara tidak langsung belajar mengendalikan hawa nafsu untuk mengurangi kegiatan berbelanja atau membeli hal yang seharusnya bisa ditunda.

5. Sesekali, coba ajaklah mereka nongkrong di rumahmu

Wajib Tahu! 5 Tips Nongkrong Aman agar Kamu Tak Selalu BorosPexels/Daria Shevtsova

Mengajak teman-temanmu untuk nongkrong atau berkunjung ke rumahmu bukanlah suatu masalah. Selain tak perlu repot keluar rumah dan mengeluarkan budget lebih, kamu bisa mengundang mereka untuk datang ke rumahmu untuk sekadar mengobrol atau menonton film melalui laptop.

Jangan lupa sediakan camilan enak dan minuman segar untuk menjamu teman-temanmu, ya!

Nah, kamu sudah tahu, kan, bagaimana tips nongkrong hemat tanpa bikin dompet seret? Semoga kamu bisa berhemat, ya, Guys!

Baca Juga: 5 Tantangan yang Harus Kamu Hadapi Saat Memutuskan untuk Berhemat

Grace Kristinar Photo Verified Writer Grace Kristinar

Manusia (20+) yang hobi berceloteh dengan kucing dan membagikan memes segar terkini ♥ Finding me on IG! @gracekristinar_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha
  • Septi Riyani

Just For You