Comscore Tracker

177 Desa Wisata Bali Direvitalisasi, Sandiaga: Ini Buka Lapangan Kerja

Desa wisata di Bali direvitalisasi program padat karya

Jakarta, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meyakini, revitalisasi desa wisata di Bali dengan program padat karya dapat membuka lapangan kerja. Hal tersebut ia ungkapkan dalam kunjungannya ke Desa Penglipuran, Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali, Jumat (26/2/2021).

"Apa yang dilakukan desa wisata di Panglipuran ini bisa menjadi motivasi bagi desa-desa wisata lainnya di seluruh Nusantara. Kita lihat secara total Bali 177 desa wisata yang akan direvitalisasi dengan program padat karya, ini akan membuka peluang lapangan pekerjaan paling tidak hingga paruh kedua 2021," ujar Sandiaga dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Ada 71 Event, tapi Dispar Palembang Pesimistis Kunjungan Wisman 2021 Naik

1. Wisatawan lokal diharapkan bisa menggantikan wisatawan mancanegara

177 Desa Wisata Bali Direvitalisasi, Sandiaga: Ini Buka Lapangan KerjaIlustrasi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) (Dok. Angkasa Pura II)

Sandiaga mengatakan, biasanya jumlah wisatawan mancanegara atau wisman mencapai 34 persen, namun kini hak itu terganjal pandemik COVID-19.

Ia berharap jumlah wisatawan lokal yang datang bisa menggantikan 34 persen wisatawan mancanegara itu, setidaknya hingga proses vaksinasi COVID-19 selesai untuk semua orang.

"Program padat karya sudah diresmikan dua minggu lalu. Salah satu kegiatannya revitalisasi kegiatan di Sanur, Klungkung, Kuta, dan 177 desa wisata. Harapan saya 34 persen replacement rate wisatawan Nusantara bisa tercapai," kata Sandiaga.

2. Sandiaga bakal jadikan Pekerja Migran Indonesia sebagai Duta Parekraf

177 Desa Wisata Bali Direvitalisasi, Sandiaga: Ini Buka Lapangan KerjaMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno (kedua kiri) didampingi Direktur Teknik PT Angkasa Pura I (Persero) Lukman F. Laisa (kiri) meninjau area Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu (27/12/2020) (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini juga akan menjadikan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang ada di Bali, sebagai duta-duta pariwisata dan ekonomi kreatif. Sehingga bisa menopang peningkatan wisman masuk Indonesia yang berkualitas dan berkelanjutan.

"Saya juga meninjau persiapan launching vaksinasi bagi petugas pariwisata dan ekonomi kreatif. Saya apresiasi dari Kadis Pariwisata sudah memberikan data tervalidasi dan terverifikasi. Ada 55 ribu, kita fokuskan 13 ribu. Akan di-launching pada Minggu nanti," kata dia.

3. Sandiaga apresiasi sejumlah wisatawan yang sudah mulai berdatangan

177 Desa Wisata Bali Direvitalisasi, Sandiaga: Ini Buka Lapangan KerjaMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno meninjau gerai cinderamata di Pantai Lumbanbulbul, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara, Rabu (30/12/2020). (Istimewa)

Politikus Partai Gerindra ini pun mengapresiasi keberadaan sejumlah pengunjung wisatawan lokal yang sudah mulai berdatangan ke desa wisata tersebut, meski jumlahnya masih kecil. Sandiaga meminta para pengunjung tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

"Saya juga meninjau persiapan launching vaksinasi bagi petugas pariwisata dan ekonomi kreatif. Saya apresiasi dari Kadis Pariwisata sudah memberikan data tervalidasi dan terverifikasi. Ada 55 ribu, kita fokuskan 13 ribu. Akan di-launching pada minggu nanti," kata dia.

Baca Juga: Gegara Virus Corona, Kunjungan Wisman ke Kaltim Terjun Bebas

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya