Comscore Tracker

IHSG Anjlok Akibat PSBB Total, Wagub DKI: Kita Utamakan Warga Selamat

DKI ikuti arahan presiden untuk prioritaskan kesehatan

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria buka suara soal anjloknya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) setelah Gubernur Anies Baswedan mengumumkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) total.

Riza menjelaskan bahwa keputusan PSBB total diambil melalui rapat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) karena angka kasus COVID-19 di Jakarta terus meningkat.

"Kita mengutamakan keselamatan warga yang ada di Jakarta yang menjadi tanggung jawab kita bersama," jelas Riza kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (10/9/2020).

1. Pemprov DKI Jakarta ikuti arahan Presiden Jokowi

IHSG Anjlok Akibat PSBB Total, Wagub DKI: Kita Utamakan Warga SelamatWagub DKI Jakarta Riza Patria di Ruang Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Baca Juga: Jokowi Minta Evaluasi Perbandingan Daerah Non-PSBB dan PSBB

Menurut Riza, kebijakan PSBB total yang diterapkan Pemprov DKI Jakarta sudah sejalan dengan arahan Presiden Joko "Jokowi" Widodo beberapa hari lalu. Saat itu Jokowi meminta semua pihak lebih memprioritaskan kesehatan dibanding ekonomi.

"Itu yang menjadi prioritas pemerintah pusat dan pemerintah DKI sangat mendukung, kita mengutamakan kesehatan keselamatan seluruh warga. Mudah-mudahan kebijakan yang tadi malam diambil yang akan diberlakukan Senin ini mudah-mudahan bisa dipahami semua pihak bisa dimengerti," kata Riza.

2. Menko Airlangga tuding PSBB total penyebab IHSG merosot

IHSG Anjlok Akibat PSBB Total, Wagub DKI: Kita Utamakan Warga SelamatMenko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan keterangan terkait perekonomian nasional di masa pandemi COVID-19 di Jakarta, Rabu (5/8/2020) (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, merosotnya IHSG hari ini disebabkan oleh kebijakan PSBB  yang akan diberlakukan kembali.

"Berdasarkan indeks sampai dengan kemarin, hari ini masih tidak pasti karena annoucement Gubernur DKI tadi malam, sehingga indeks tadi pagi sudah di bawah 5.000," ujarnya.

3. IHSG ditutup melemah, diduga karena sentimen pasar yang khawatir PSBB total di Jakarta

IHSG Anjlok Akibat PSBB Total, Wagub DKI: Kita Utamakan Warga SelamatIlustrasi Harga Saham Turun (Bearish) (IDN Times/Arief Rahmat)

IHSG ditutup melemah 257,915 atau 5,01 persen ke level 4.891 pada perdagangan Kamis (10/8/2020). Sebanyak 50 saham menguat, 444 saham melemah dan 97 saham tidak mengalami perubahan. Volume perdagangan pada hari ini tercatat sebanyak 9,943 juta lembar saham, dengan frekuensi tercatat sebanyak 723,174 kali. Adapun secara keseluruhan investor membukukan sebesar Rp10, 297 triliun.

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan mengatakan, secara teknikal IHSG memang akan melemah pada perdagangan hari ini. Menurut dia, jika berdasarkan sentimen, melemahnya IHSG masih dipengaruhi kekhawatiran akan Kembali diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di DKI Jakarta, yang akan mempengaruhi perekonomian hingga akhir kuartal III tahun 2020.

Baca Juga: Pidato Lengkap Anies Baswedan Saat Tetapkan PSBB Total DKI Jakarta

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya