Comscore Tracker

Kapolri: Pelaksanaan PON XX Bakal Dongkrak Ekonomi Papua 13,14 Persen

Penyelenggara diminta perhatikan hal yang dirasa kurang

Jakarta, IDN Times - Menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, Kapolri Jenderal Listyo Sigit bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto serta Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali meninjau sejumlah lokasi, yang diproyeksikan menjadi tempat penyelenggaraan ajang olah raga nasional ini. Listyo yakin pelaksanaan PON bakal mendongkrak perekonomian di Papua.

"Pelaksanaan PON XX akan mendorong pertumbuhan ekonomi di Papua pada kuartal II 2021 ekonomi Papua, dengan pertambangan dan penggalian sebesar 13,14 persen sedangkan tanpa pertambangan dan penggalian sebesar 2,81 persen," ujar Listyo dalam keterangannya, Jumat (27/8/2021).

Baca Juga: Jokowi Janji Akan Resmikan PON XX di Papua

1. Penyelenggara diminta tetap perhatikan hal yang dirasa kurang

Kapolri: Pelaksanaan PON XX Bakal Dongkrak Ekonomi Papua 13,14 PersenPersiapan venue untuk PON XX Papua 2020. ANTARA FOTO/Gusti Tanati/ama.

Selain itu, Mantan Kapolda Banten itu mengimbau kepada penyelenggara agar tetap memperhatikan hal yang masih dirasa kurang. Tujuannya, supaya ketika pekan olahraga itu berlangsung dapat berjalan maksimal dan memuaskan.

"Namun tetap untuk memperhatikan segala kebutuhan yang masih harus dilengkapi. Sejauh ini sudah bagus, pertahankan," ujar Listyo.

2. Kapolri ingatkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 harus dilakukan dengan ketat

Kapolri: Pelaksanaan PON XX Bakal Dongkrak Ekonomi Papua 13,14 PersenPanglima TNI, Kapolri dan Menpora Tinjau Kesiapan Stadion dan Arena Akuatik PON XX . (dok. Humas Polri)

Mantan Kabareskrim Polri ini juga mengimbau kepada Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jayapura agar memperhatikan penanganan dan pengendalian COVID-19 terkait dengan pelaksanaan PON XX.

Menurut Sigit, dalam penyelenggaraan tersebut tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dengan penerapan prokes yang disiplin, sambung Kapolri, pelaksanaan PON XX akan berjalan lancar dan ancaman penularan virus corona pun dapat terjamin.

"PON XX Papua sukses dan lancar, investasi aman, pertumbuhan ekonomi meningkat, Papua semakin maju dan modern, masyarakat sehat dan sejahtera," tutur Kapolri.

3. PON XX bakal digelar mulai 2 Oktober 2021

Kapolri: Pelaksanaan PON XX Bakal Dongkrak Ekonomi Papua 13,14 PersenPengguna jasa bandara melintas di dekat media promosi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (1/7/2021). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

PON XX Papua akan dibuka pada 2 Oktober 2021. Nantinya akan ada 37 cabang olahraga dan 6.442 atlet yang bertanding dalam turnamen olahraga empat tahunan itu.

Pelaksanaan PON XX di Bumi Cendrawasih bakal terbagi ke dalam empat klaster lokasi antara lain di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Mimika.

Baca Juga: Sukseskan PON XX Papua, PLN Jamin Keandalan Pasokan Listrik

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya