Comscore Tracker

Sri Mulyani: Indonesia Tidak Ngutang ke IMF

Perekonomian Indonesia saat ini dinilai tak alami krisis

Jakarta, IDN Times – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani membantah tudingan sejumlah pihak yang mengatakan bahwa Indonesia berutang kembali pada International Monetary Fund (IMF), meskipun jadi tuan rumah forum tersebut. Menurutnya, kondisi ekonomi Indonesia  belum membutuhkan bantuan tersebut.

Bantahan tersebut juga diamini oleh Direktur Pelaksana IMF Christine Legarde. Menurutnya, kondisi ekonomi Indonesia sedang baik. 

1. Indonesia tidak alami krisis

Sri Mulyani:  Indonesia Tidak Ngutang ke IMFRapat Terbatas untuk menjaga stabilitas rupiah, 14/8 (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Sri Mulyani menjelaskan bahwa IMF hanya memberi pinjaman bagi negara-negara yang sedang alami krisis ekonomi. Sedangkan Indonesia saat ini sedang tidak di posisi kriris. Menkeu menuding ada sejumlah pihak yang ingin membuat seolah-olah pinjaman ke IMF jadi isu.

“Kami tegaskan bahwa kami gak meminjam ke IMF,” kata wanita kelahiran 26 Agustus itu di Bali International Convention Center.

2. Kontribusi Indonesia di IMF sama seperti anggota lainnya

Sri Mulyani:  Indonesia Tidak Ngutang ke IMFICom/AM IMF-WBG/Puspa Perwitasari

Menurut  Sri Mulyani, tugas Indonesia tak ada bedanya dengan 189 anggota IMF lainnya. Tugasnya adalah mencoba berkontribusi dalam menciptakan perekonomian global yang lebih baik.

“Agar dunia bisa jadi tempat yang aman dan sejahtera untuk semua,” ungkap Sri melansir laman resmi Sekretariat Kabinet, Selasa (9/10).

Baca Juga: Indonesia Bidik Investasi Rp200 Triliun di Sela IMF-WBG Meeting 

3. Indonesia belum butuh bantuan dan pinjaman IMF

Sri Mulyani:  Indonesia Tidak Ngutang ke IMFANTARA FOTO/ICom/AM IMF-WBG/Puspa Perwitasari

Menanggapi pernyataan Sri Mulyani, Lagarde pun mengkui, prekenomian Indonesia saat ini telah dikelola dengan baik oleh Presiden Joko Widodo, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, dan Menkeu Sri Mulyani sehingga bisa dipastikan Indonesia saat ini tidak membutuhkan bantuan dan pinjaman dari IMF.

“Pinjaman IMF bukan pilihan karena ekonomi Indonesia gak butuh itu,” jelasnya dalam keterangan tertulis.

Baca Juga: Bos IMF: Indonesia Tak Butuh Pinjaman

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Just For You