Comscore Tracker

Tak Kunjung Dilepas, Saham Pemprov DKI di Perusahaan Bir Bertambah?

Pemda DKI jadi pemegang saham mayoritas sebesar 58,33 persen

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta disebut menambah porsi kepemilikan saham di perusahaan produsen bir, PT Delta Djakarta. Dari data Bursa Efek Indonesia, disebutkan Pemda DKI Jakarta menjadi pemegang saham mayoritas di PT Delta Djakarta sebesar 58,33 persen.

Sebelumnya, saham mayoritas PT Delta Djakarta masih dimiliki oleh San Miguel Malaysia. Namun, perusahaan penghasil bir Anker, San Miguel, dan Carlsberg itu kini hanya memiliki 26,25 persen saham Delta Djakarta.

1. Komisaris Utama PT Delta Djakarta membantah kabar tersebut

Tak Kunjung Dilepas, Saham Pemprov DKI di Perusahaan Bir Bertambah?Anker Beer (Website/deltajkt.co.id)

Komisaris Utama PT Delta Djakarta Tbk Sarman Simanjorang membantah kabar tersebut. Menurutnya, itu adalah kabar yang tidak benar.

"Gak ada (penambahan saham), itu berita lama," jelas Sarman saat dikonfirmasi, Jumat (13/11/2020).

Baca Juga: Pemprov DKI Musnahkan Miras Tapi Masih Kuasai Saham Bir

2. BUMD DKI bantah hal tersebut

Tak Kunjung Dilepas, Saham Pemprov DKI di Perusahaan Bir Bertambah?Anker Beer (Website/deltajkt.co.id)

Sementara itu, Sekretaris Badan Pembina (BP) Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Riyadi membantah kepemilikan mayoritas Pemda DKI dalam perusahaan bir itu. Sebab, menurutnya, Pemprov DKI Jakarta akan menjual seluruh kepemilikan saham di PT Delta Djakarta.

"Saya gak tahu, klarifikasi saja sana ke IDX. Saya pastikan tidak menambah (saham), orang mau jual kok," jelasnya saat dikonfirmasi, Jumat (13/11/2020).

Menurut Riyadi, Pemprov DKI Jakarta mustahil menambah kepemilikan saham di PT Delta Djakarta. Sebab, saat ini Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI sesang kontraksi. "APBD kita kan turun bagaimana mungkin membeli saham," jelasnya.

3. Pemprov DKI Jakarta tercatat masih terima dividen dari hasil RUPS PT Delta 26 Agustus 2020

Tak Kunjung Dilepas, Saham Pemprov DKI di Perusahaan Bir Bertambah?Anker Beer (Website/deltajkt.co.id)

Pemprov DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Anies Baswedan telah lama mewacanakan pelepasan saham di PT Delta Djakarta. Rencana itu bahkan telah terlontar dari Anies sebagai janji kampanye saat dia maju di Pilkada DKI 2017 bersama Sandiaga Uno.

Namun, hingga kini hal itu belum terlaksana. Per 31 Desember 2019, Pemprov DKI Jakarta masih memegang 26,25 persen saham PT Delta. Sedangkan saham terbesar masih dipegang San Miguel Malaysia Pte Ltd sebesar 58,33 persen dan sisanya dimiliki investor publik.

Pemprov DKI pun tercatat masih mendapatkan keuntungan besar dari kepemilikan sahamnya tersebut. Pada rapat umum pemegang saham (RUPS) PT Delta pada 26 Agustus 2020, tercatat dividen yang akan dibagikan dari kinerja 2019 sebesar Rp312,25 miliar. Dari jumlah tersebut, Pemprov DKI mendapat bagian Rp81,9 miliar.

Baca Juga: Setelah 45 Tahun, Pemprov DKI Bakal Lepas Saham di Perusahaan Bir

Topic:

  • Aryodamar
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya