Comscore Tracker

Terdampak COVID-19, Lion Air Group Rumahkan Ribuan Karyawan

Merumahkan karyawan adalah keputusan berat yang diambil

Jakarta, IDN Times - Lion Air Group memutuskan untuk merumahkan ribuan karyawannya. Hal itu dilakukan lantaran bisnis maskapai yang didirikan oleh Rusdi Kirana ini terdampak pandemik COVID-19.

Meski dirumahkan, Lion Air Group memastikan tidak ada pemutusan hubungan kerja (PHK) pada karyawannya.

"Lion Air Group mengumumkan pengurangan tenaga kerja dengan merumahkan karyawan (status tidak Pemutusan Hubungan Kerja/ PHK) menurut beban kerja di unit masing-masing yaitu kurang lebih persentase 25-35 persen dari 23 ribu karyawan," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis, Sabtu (31/7/2021).

Baca Juga: Terbang Pakai Lion Air Group Juga Dapat Vaksin Gratis

1. Selama dirumahkan karyawan bakal dibantu dan dilatih

Terdampak COVID-19, Lion Air Group Rumahkan Ribuan KaryawanIlustrasi Lion Air. (IDN Times/Sunariyah)

Selama dirumahkan, Lion Air Group akan memberikan pelatihan secara virtual yang sesuai unit kerja masing-masing karyawan. Selain itu, perusahaan yang identik dengan singa di logonya tersebut bakal memberikan bantuan sesuai dengan kemampuan perusahaan.

"Keputusan ini berlaku sampai pemberitahuan lebih lanjut," ujar Danang Mandala.

Baca Juga: Cek Lagi Nih! 5 Syarat Penerima Subsidi Gaji Rp1 Juta

2. Merumahkan karyawan adalah keputusan berat yang harus diambil

Terdampak COVID-19, Lion Air Group Rumahkan Ribuan KaryawanIlustrasi Lion Air (IDN Times/Sunariyah)

Danang mengakui bahwa keputusan perusahaan untuk merumahkan karyawan, berat untuk diambil. Namun, keputusan tersebut terpaksa diambil demi mempertahankan perusahaan di tengah pandemik COVID-19 yang belum reda.

"Keputusan berat tersebut diambil bertujuan utama sebagai konsentrasi efektif dan efisien, sejalan mempertahankan bisnis yang berkesinambungan dan perusahaan tetap terjaga, merampingkan operasi perusahaan, mengurangi pengeluaran dan merestrukturisasi organisasi di tengah kondisi operasional penerbangan yang belum kembali normal dari dampak pandemi COVID-19," katanya.

3. Lion Air Group berharap pandemik COVID-19 segera usai

Terdampak COVID-19, Lion Air Group Rumahkan Ribuan KaryawanDok.Istimewa/Lion Air

Lion Air Group menegaskan bahwa perusahaan sangat menghargai dan mengapresiasi kerja, dukungan, dedikasi, dan pencapaian karyawan di bidangnya masing-masing. Selain itu, ia juga mengapresiasi pada semua pihak yang mendukung agar perusahaan terus beroperasi.
 
"Harapan utama pandemi COVID-19 segera berakhir, sehingga operasional dan layanan penerbangan normal kembali," ujar Danang

Baca Juga: Tahap Awal, 1 Juta Pekerja Bakal Dapat Subsidi Gaji

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya