Comscore Tracker

Blibli dan Jumpstart Kenalkan Produk UMKM Lewat Vending Machine

Pertumbuhan ekonomi pelaku UMKM jadi fokus utama

Jakarta, IDN Times - Blibli dan Jumpstart berkolaborasi meluncurkan vending machine pertama di Indonesia yang menawarkan ragam produk UMKM terbaik binaannya. Upaya tersebut guna mendukung pertumbuhan UMKM lokal serta komitmen menyediakan produk kualitas terbaik dimana saja dan kapan saja.

Vice President Galeri Indonesia Blibli, Andreas A Paramaditya, mengatakan kolaborasi ini memberikan pengalaman baru bagi pelanggan dalam mendapatkan ragam produk lokal terbaik sekaligus melengkapi kanal pemasaran omnichannel bagi UMKM dalam menumbuhkan usahanya.

"Kolaborasi diperkenalkan di Locale Pop Up yang berlokasi di lantai 3, East Mall Grand Indonesia sejak 23 Mei 2022 sampai 12 Juni 2022. Locale Pop Up merupakan inisiatif yang mendukung digitalisasi produk lokal dan UMKM Indonesia, termasuk menumbuhkan semangat #BanggaBuatanIndonesia di hati masyarakat," kata Andreas melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Kamis (26/5/2022).

Baca Juga: Permudah Transaksi, Blibli Gandeng Indodana Hadirkan Blibli PayLater 

1. Empat vending machine disiapkan

Blibli dan Jumpstart Kenalkan Produk UMKM Lewat Vending MachineWebsite SoraNews24

Dikatakan Andreas, Locale Pop Up merupakan inisiatif yang mendukung digitalisasi produk lokal dan UMKM Indonesia, termasuk menumbuhkan semangat #BanggaBuatanIndonesia di hati masyarakat. Pameran pertama dari Locale Pop Up menghadirkan empat vending machine, yang terdiri coffee machine, photobooth, dan ragam produk terbaik dari UMKM lokal.

"Melalui vending machine ini, pengunjung bisa menemukan ragam produk makanan, minuman dan terdapat 180 varian produk dari 36 UMKM binaan Blibli," katanya.

Baca Juga: Tiket.com-Blibli Mau IPO? Ini Respons George Hendrata

2. 2022 digadang-gadang tahun pemulihan ekonomi

Blibli dan Jumpstart Kenalkan Produk UMKM Lewat Vending Machineilustrasi. Para karyawan yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja di Sukoharjo, Jawa Tengah, pada 2019. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia sebagai memprediksi 2022 menjadi momen pemulihan UMKM. Setelah berjuang dalam mempertahankan bisnis secara daring, tahun ini pelaku usaha kembali memiliki kesempatan untuk memperkuat bisnis melalui pendekatan yang terintegrasi secara daring dan luring.

Sebagai omnichannel commerce dan lifestyle platform terpercaya, kata Andreas, Blibli berkomitmen untuk menghadirkan ekosistem yang lengkap bagi pelanggan maupun penjual, terlebih mitra UMKM. Pendekatan niaga omnichannel saat ini merupakan cara terbaik untuk bisa memberikan pengalaman berbelanja terbaik bagi pelanggan.

"Kolaborasi ini merupakan cara baru bagi UMKM untuk bisa memasarkan produknya melalui pendekatan yang inovatif, efisien dan juga memberikan pengalaman yang praktis bagi pelanggan dalam mendapatkan produk-produk lokal terbaik dan unik," ujarnya.

Baca Juga: Tiket.com-Blibli Mau IPO? Ini Respons George Hendrata

3. Petumbuhan UMKM jadi perhatian utama

Blibli dan Jumpstart Kenalkan Produk UMKM Lewat Vending MachineBlibli dan Jumpstart meluncurkan vending machine berisi ragam produk UMKM binaan Blibli (dok. Blibli)

Sebagai perusahaan smart vending machine pertama di Indonesia, kehadiran Jumpstart menjawab salah satu tantangan terbesar bagi UMKM untuk pasar melalui kehadiran toko fisik yang efisien bagi pelaku usaha.

"Besar harapan kami untuk bisa mendukung pertumbuhan UMKM unggulan Indonesia melalui model bisnis kami. Kami harap lebih banyak vending machine inovatif bisa hadir di berbagai lokasi strategis, sehingga dapat memperluas area pemasaran dan lebih dekat dengan pasar," ujar CEO Jumpstart, Brian Imawan.

Melalui kolaborasi eksklusif bersama Grand Indonesia, pelanggan bisa mendapatkan kopi atau voucher gratis dari GI Loyalty G Card yang bisa ditukarkan di Locale Pop Up. Hal ini bisa didapatkan dengan melakukan minimal pembelian Rp100 ribu di Locale Pop Up, pelanggan bisa menikmati foto gratis di photobooth yang tersedia.

Baca Juga: GoSend Luncurkan Buku Strategi Bisnis untuk Dorong Pertumbuhan UMKM

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya