Comscore Tracker

Cek! 5 Faktor yang Mempengaruhi Nominal Gaji PNS

Nominal gaji PNS berbeda tiap satu orang dan lainnya

Jakarta, IDN Times - Menjadi aparatur sipil negara (ASN) atau yang lebih dikenal sebagai pegawai negeri sipil (PNS), mungkin masih menjadi impian sebagian orang, tak terkecuali para millenial dan gen Z. Jika kamu termasuk di dalamnya, kamu perlu tahu bahwa setiap PNS bisa mendapatkan gaji yang berbeda.

Perbedaan gaji PNS disebabkan karena beberapa faktor. Ketahui faktor-faktor yang mempengaruhi nominal gaji PNS seperti yang disajikan oleh OCBC NISP di bawah ini!

Baca Juga: Cek! Tabel Gaji PNS Berdasarkan Golongan Tahun 2022

1. Masa kerja

Cek! 5 Faktor yang Mempengaruhi Nominal Gaji PNSIlustrasi PNS (korpri.id)

Faktor pertama adalah masa kerja. Pastinya gaji PNS pemula dan senior berbeda. Hal ini karena tingkat pengalaman berbeda. Semakin lama masa kerja pegawai, maka gaji kamu akan semakin besar. Pendapatanmu sebagai PNS akan mengalami kenaikan seiring berjalannya waktu dan peningkatan jenjang karier.

2. Tempat dinas

Cek! 5 Faktor yang Mempengaruhi Nominal Gaji PNSIlustrasi PNS (setkab.go.id)

Lokasi PNS ditugaskan bekerja di suatu wilayah dapat mempengaruhi perbedaan gaji. Karena kondisi dan tingkat perekonomian antar daerah berbeda-beda. Sehingga gaji PNS antar dinas satu dan lainnya bisa berbeda.

3. Golongan

Cek! 5 Faktor yang Mempengaruhi Nominal Gaji PNSIlustrasi ASN (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Golongan pegawai PNS juga mempengaruhi besaran gaji. Penetapan pangkat ini didasarkan pada tingkat pendidikan terakhir yang ditempuh dan jenjang karier yang terus meningkat. Agar pangkat PNS kamu semakin meningkat, tingkat pendidikanmu juga harus semakin tinggi dan pengalaman berkarir semakin ditingkatkan.

4. Jabatan

Cek! 5 Faktor yang Mempengaruhi Nominal Gaji PNSSetkab.go.id

Jabatan dalam anggota Aparatur Sipil Negara sangat beragam. Perbedaan status jabatan antar pegawai PNS mampu membawa pengaruh pada nominal gaji. Hal ini karena beban kerja dan tanggung jawa pada setiap jabatan juga berbeda, maka bentuk apresiasi berupa gaji juga berbeda.

Baca Juga: Hendak Jadikan Anak PNS, Ayah di Lampung Utara Tertipu Rp75 Juta

5. Jumlah tanggungan

Cek! 5 Faktor yang Mempengaruhi Nominal Gaji PNSIlustrasi ASN membeli bawang merah dari petani.IDN Times/Daruwaskita

Terakhir, jumlah tanggungan bisa mempengaruhi perbedaan gaji PNS. Dalam hal ini, jumlah tanggungan anak yang dibebankan turut menjadi tanggung jawab pemerintah. Jumlah tanggungan anak yang menjadi beban pemerintah maksimal tiga anak termasuk anak angkat.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya