Comscore Tracker

Dari Salah Resep hingga Jadi Unicorn, Ini Kisah Sukses Kopi Kenangan

Kopi kenangan saat ini telah berstatus unicorn

Jakarta, IDN Times - Siapa yang tidak mengenal Kopi Kenangan? bagi gen z atau millennial nampaknya sudah tidak asing dengan sebuah brand minuman kopi lokal yang menyandang status unicorn tersebut. 

Chief Executive Officer (CEO) Kopi Kenangan, Edward Tirtanata, mengaku tidak mudah membangun sebuah bisnis kopi yang sudah jelas saingannya berderet. Dengan modal yang pas-pasan, Edward mengatakan ia lebih memilih untuk membangun bisnis kopi dengan konsep grab and go.

"Kendala waktu buat kopi kenangan ya cari duit untuk buka cafe ya. Kita tahu buka usaha cafe itu gak murah. Akhirnya, kita putuskan untuk buat cafe kecil ukuran 12 meter persegi. Bisnis model kita grab and go," ujar Tirtanata dalam sebuah diskusi di mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Sabtu (21/5/2022).

Baca Juga: Kopi Kenangan Rilis Produk Ready to Drink: Kopi Kenangan Hanya Untukmu

1. Rasa Kopi Kenangan tak pernah berubah

Dari Salah Resep hingga Jadi Unicorn, Ini Kisah Sukses Kopi Kenangankopi kenangan (Dok. Istimewa/Kopi Kenangan)

Dikatakan Edward, Kopi Kenangan yang sumber namanya terinspirasi dari mantan kekasihnya terdahulu terus konsisten untuk memberikan rasa kopi terbaik asli Indonesia. Sebisa mungkin, Edward dan tim di Kopi Kenangan tidak merubah rasa Kopi Kenangan baik dari satu kedai maupun kedai lainnya.

"Maksudnya bikin minuman itu harus baik. Kopi kenangan tidak pernah berubah alat. Kita juga tidak Pernah mengganti kopi maupun susu ya sebagai komposisi dari Kopi Kenangan. Kita menggunakan teknologi agar bisa mengambil hati customer kita," ujar Edward.

2. Resep Kopi Kenangan tercipta malam sebelum buka

Dari Salah Resep hingga Jadi Unicorn, Ini Kisah Sukses Kopi KenanganIDN Times/Roh Cahaya Padang

Dalam menentukan rasa Kopi Kenangan, Edward juga mengaku tidak mudah. Ia dan tim harus membuat ratusan cup kopi sebelum resmi diluncurkan ke konsumen. Fakta menarik yakni rasa pas Kopi Kenangan yang ditemukan oleh Edward dan timnya baru diciptakan semalam sebelum hari pertama rilis Kopi Kenangan.

"Hari pertama saat kita buka Kopi Kenangan itu resep baru ketemu semalam sebelum buka. Hari pertama juga bukan tanpa kendala. Resep banyak yang salah. Namun, kita bertekad untuk tetap bertahan mempertahankan rasa kita ya survive hingga saat ini," ucap Edward.

3. Kopi Kenangan sah jadi unicorn

Dari Salah Resep hingga Jadi Unicorn, Ini Kisah Sukses Kopi KenanganEdward Tirtanata (CEO dan Co-founder Kopi Kenangan) dalam acara Fortune Indonesia Summit 2022 pada Kamis (19/5/2022). (IDN Times/Herka Yanis)

Baca Juga: Dapat Pendanaan Rp1,3 Triliun, Kopi Kenangan Raih Status Unicorn!

Sebagai informasi, valuasi perusahaan kini menembus 1 miliar dollar AS. Pendanaan Seri C tersebut diketahui dipimpin oleh Tybourne Capital Management, dan diikuti sejumlah investor dari seri sebelumnya, seperti Horizons Ventures, Kunlun dan B Capital, serta investor baru yaitu Falcon Edge Capital.

CEO dan Co-Founder Kopi Kenangan, Edward Tirtanata, mengklaim perusahaan yang ia pimpin tersebut berhasil menjadi perusahaan New Retail F&B (makanan dan minuman) unicorn pertama di Indonesia dan Asia Tenggara.

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya