Comscore Tracker

Kapal Phinisi, Atraksi Wisata Andalan di Labuan Bajo

Kehadiran kapal phinisi ikut promosikan wisata Labuan Bajo

Jakarta, IDN Times - Atraksi wisata dengan menggunakan kapal pinisi menjadi daya tarik kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara saat berkunjung ke Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT.

Di Labuan Bajo sendiri banyak operator kapal yang bersaing menawarkan fasilitas lebih di kapal phinisi. Kapal phinisi yang tersedia di Labuan Bajo hadir dengan berbagai pilihan. Hal yang membedakan satu dengan lainnya adalah fasilitas dan ukuran kapal.

Tentu saja, harganya akan bervariasi. Phinisi menjadi atraksi wisata yang cocok untuk kegiatan island hopping alias berwisata dari satu pulau ke pulau lain dengan santai.

Pemilik salah satu kapal phinisi, Agung Afif, mengatakan kapal phinisi KomodoLuxury by IndonesiaJuara milliknya hadir untuk memudahkan wisatawan yang ingin menyewa kapal phinisi mewah dan ingin mengikuti open trip ke Labuan Bajo dengan tim profesional yang merupakan warga setempat.

“Dari segi marketplace dan manajemen kapal, KomodoLuxury menyediakan pilihan kapal terbaik dari kapal mewah sampai menengah,” kata Agung, Sabtu (2/7/2022).

Baca Juga: Berlayar dengan Kapal Pinisi Bersama Pelaut Bugis di Labuan Bajo

1. SDM pariwisata lokal dilibatkan

Kapal Phinisi, Atraksi Wisata Andalan di Labuan BajoSuasana di dalam salah satu kapal pinisi milik KomodoLuxury. (IST/KomodoLuxury)

Dikatakan Agung, dengan perpaduan tim profesional yang merupakan SDM lokal dari Labuan Bajo, kolaborasi membangun pariwisata setempat dapat berjalan beriringan. Termasuk, dalam penyediaan peralatan serta tim dokumentasi yang profesional.

“Komodo Luxury by IndonesiaJuara tour operator menempati urutan pertama di Labuan Bajo berdasarkan review di Tripadvisor,” ucap Agung.

2. KomodoLuxury turut mempopulerkan destinasi labuan bajo

Kapal Phinisi, Atraksi Wisata Andalan di Labuan BajoPenataan kawasan Labuan Bajo oleh Kementerian PUPR. Dok. Kementerian PUPR

Lebih lanjut, KomodoLuxury turut mempopulerkan destinasi labuan bajo melalui layanan tur serta promosi melalui media sosial maupun media massa.

Tak cuma pilihan harga yang kompetitif, KomodoLuxury menyediakan layanan terbaik dari customer service berpengalaman.

“Kami menyediakan hampir 60 pilihan kapal di labuan bajo maupun raja ampat,” katanya.

3. Tiga pulau utama wajib dikunjungi apabila sedang berwisata ke Labuan Bajo

Kapal Phinisi, Atraksi Wisata Andalan di Labuan BajoThe Luxury Collection di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (IDN Times/Istimewa)

Seperti diketahui, pulau-pulau Labuan Bajo terhampar di sepanjang Selat Sape yang memisahkan Bajo yang ada di Pulau Flores dengan Sumbawa. Rinca, Padar, dan Komodo adalah tiga pulau utama yang wajib dikunjungi apabila sedang berwisata ke Labuan Bajo.

"Tentu saja, tidak hanya berlayar mengitari satu pulau ke pulau lainnya, wisata air seperti snorkeling atau menyelam juga jadi menu liburan dengan pinisi tergantung fasilitas yang ditawarkan. Misalnya saja, ada yang menawarkan berenang di antara ikan-ikan pari yang banyak berkumpul di Manta Point," katanya. 

Baca Juga: 10 Alasan Harus Liburan ke Labuan Bajo, Minimal Sekali Seumur Hidup

4. Jabar ikut berinvestasi di sektor kapal pinisi

Kapal Phinisi, Atraksi Wisata Andalan di Labuan BajoIDN Times/Galih Persiana

Atraksi wisata kapal pinisi yang dinilai sukses dikembangkan di Labuan Bajo juga menjadi perhatian pemerintah di luar NTT. Yakni, Pemprov Jabar yang kepincut untuk turut berinvestasi dengan menghadirkan perahu pinisi Jawa Barat di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang merupakan program konkret kerjasama Jabar dan NTT.

Kang Emil, sapaan akrab Ridwal Kamil, menerangkan investasi ini dilakukan oleh BUMD milik Pemprov Jabar PT Jaswita.

“Perahu pinisi Jawa Barat hadir di Labuan Bajo, sebagai program konkret kerja sama ekonomi antar daerah antara Jabar dan NTT. Investasi dilakukan oleh BUMD milik Pemprov Jabar yaitu PT Jaswita,” tutur Ridwan Kamil beberapa waktu lalu.

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya