Comscore Tracker

Pakistan Dapat Tambahan US$1,2 Miliar dari IMF untuk Atasi Krisis

Total bantuan IMF untuk Pakistan sebesar 7 miliar dolar AS

Jakarta, IDN Times - Otoritas Pakistan menyatakan telah mencapai kesepakatan dengan Dana Moneter Internasional (IMF) terkait dana pinjaman tambahan senilai 1,2 miliar dolar AS. Kesepakatan itu akan membuat total dana yang diperuntukkan bagi Pakistan mencapai 7 miliar dolar AS.

Dilansir Al Jazeera pada Kamis (14/7/2022), IMF juga akan mempertimbangkan perpanjangan fasilitas pinjaman kepada Pakistan hingga akhir Juni 2023 mendatang. 

Baca Juga: Bantuan IMF Belum Cair, Pakistan Terancam Bangkrut Susul Sri Lanka

1. Pakistan butuh 41 miliar dolar AS dalam 12 bulan ke depan untuk bertahan

Pakistan Dapat Tambahan US$1,2 Miliar dari IMF untuk Atasi KrisisPresiden Bank Sentral Eropa (ECB) dan Mantan Direktur Pelaksana IMF, Christine Lagarde - ICom/AM IMF-WBG/Puspa Perwitasari

Pakistan membutuhkan setidaknya 41 miliar dolar AS dalam 12 bulan ke depan untuk membayar utang dan mendanai impor karena cadangan devisa menyusut ke tingkat yang hanya dapat menutupi kurang dari dua bulan impor.

Untuk memenangkan kesepakatan IMF, Pakistan telah menaikkan tarif listrik dan menaikkan hampir dua kali lipat harga pompa diesel selama dua bulan terakhir bahkan ketika inflasi telah meningkat ke level tertinggi selama 13 tahun.

Baca Juga: Bantuan IMF Belum Cair, Pakistan Terancam Bangkrut Susul Sri Lanka

2. Dana bantuan 1,2 miliar dolar AS diharapkan cair Agustus mendatang

Pakistan Dapat Tambahan US$1,2 Miliar dari IMF untuk Atasi KrisisIlustrasi dolar AS ( ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Lebih lanjut, pencairan dana bantuan senilai 1,2 miliar dolar AS juga diharapkan cair pada bulan Agustus mendatang setelah manajemen IMF memberikan persetujuan akhir.

Sebagai informasi, Pakistan juga tengah dilanda krisis ekonomi seperti yang dialami oleh sejumlah negara lainnya seperti Sri Lanka dan Argentina. Rupee Pakistan, obligasi dolar dan saham naik karena investor menyambut prospek bailout atau dana talangan.

Baca Juga: IMF Wanti-wanti Soal Potensi Resesi Global di Tahun 2023

3. Cadangan devisa Pakistan menurun drastis

Pakistan Dapat Tambahan US$1,2 Miliar dari IMF untuk Atasi KrisisSeorang anak lelaki memarkirkan sepeda motornya di antara ratusan motor lainnya di luar bazar belanja di Karachi setelah Pakistan mulai melonggarkan lockdown pada 12 Mei 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Akhtar Soomro

Sebagai  informasi, Pakistan yang kini tengah menghadapi masalah ekonomi yang serius karena cadangan devisanya menipis dengan cepat di tengah meningkatnya pembayaran utang luar negeri.

Pakistan juga tengah menghadapi ancaman serius dari faktor eksternal karena cadangan devisa Bank Negara Pakistan turun menjadi satu digit meskipun ada aliran masuk 2,3 miliar dolar AS dari China akhir bulan lalu.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya