Comscore Tracker

Transaksi Digital Maybank Meroket, Tembus 4,1 Juta 

Transaksi digital Maybank lampaui tahun sebelumnya

Jakarta, IDN Times – PT Bank Maybank Indonesia Tbk mencatat peningkatan transaksi melalui platform M2U selama kuartal pertama 2022 mencapai 14,3 persen menjadi sekitar 4,1 juta transaksi dari 3,6 juta lebih transaksi tahun sebelumnya.

Chief Strategy, Transformation, & Digital Officer Maybank Indonesia, Michel Hamilton mengatakan demikian juga nilai transaksi melalui M2U tercatat naik 23,0 persen menjadi Rp21,94 triliun, dari Rp17,84 triliun tahun sebelumnya, serta pertumbuhan akuisisi nasabah baru pun meningkat hingga 500 persen melalui platform digital tersebut.

"Pertumbuhan transaksi maupun akuisisi nasabah tersebut telah menyumbang pendanaan ritel bank melalui platform digital sebesar 24,3 persen menjadi lebih dari Rp5,19 triliun," kata Michael, Kamis (26/5/2022).

Baca Juga: Mau Join Maybank Marathon? Peserta Baiknya Ikuti Agenda Ini

1. Nasabah jadi prioritas Maybank Indonesia

Transaksi Digital Maybank Meroket, Tembus 4,1 Juta Logo Maybank (Website/maybank.co.id)

Dikatakan Michael, nasabah selalu menjadi fokus utama strategi Maybank Indonesia. Dengan demikian, Maybank Indonesia akan selalu berupaya untuk memenuhi kebutuhan dan menjawab setiap tantangan maupun permasalahan nasabah yang merupakan faktor penggerak atau inisiasiator pengembangan solusi layanan digital.

Dari segi pengembangan, Maybank Indonesia telah meluncurkan beberapa fitur baru untuk meningkatkan layanan digital banking M2U dengan fitur Digital Wealth pada kuartal pertama 2022.

"Fitur ini memberikan kemudahan bagi nasabah untuk memantau dan mengelola seluruh portofolio keuangannya mulai dari simpanan, pinjaman, dan investasi serta mendukung nasabah dalam mengatur portofolio keuangannya melalui fitur Perencanaan Keuangan," ucapnya.

2. Jumlah nasabah gabung ke platform digital meningkat

Transaksi Digital Maybank Meroket, Tembus 4,1 Juta Foto Maybank Tower (instagram.com/daily_skyscrapers)

Di sepanjang kuartal pertama 2022, kata Michael, jumlah nasabah yang tergabung ke Maybank Indonesia melalui platform digital serta penggunaannya yang telah meningkat secara signifikan sebesar lebih dari 30 persen year on year (YoY).

Sementara, penetrasi penjualan produk wealth seperti reksa dana melalui M2U juga tumbuh lebih dari 85 persen dari total penjualan Bankwide, menjadikan M2U sebagai solusi pilihan untuk akuisisi produk wealth.

"Selain itu, Bank juga telah meluncurkan fitur portofolio reksa dana, guna memudahkan nasabah dalam mengelola portofolio reksa dana melalui M2U, dan fitur foreign currency transfer fund atau transaksi transfer dalam mata uang asing dengan nominal lebih dari 25.000 dolar AS, menggunakan dokumen transaksi underlying sesuai peraturan yang dapat diakses melalui M2U," katanya.

3. Maybank sabet penghargaan dari Singapura

Transaksi Digital Maybank Meroket, Tembus 4,1 Juta Logo Maybank (Twitter.com/MaybankID)

Penyelenggaraan ajang Internasional Digital CX Awards keempat tahun 2022 yang digelar Digital Banker, kembali menganugerahkan kepada PT Bank Maybank Indonesia Tbk (Maybank Indonesia) sebagai ‘Best Retail Bank for Digital CX – Indonesia’ pada April 2022 lalu. Sebelumnya, Maybank Indonesia juga meraih penghargaan sebagai ‘Best Digital Bank Indonesia’ pada ajang penghargaan Digital CX Awards pada tahun 2020 lalu.

Proses seleksi penghargaan Digital CX Awards meliputi beberapa kriteria, di antaranya, analisa keuangan, penetrasi pasar, cakupan layanan di tingkat global/regional, portfolio digital, jumlah pengguna aktif dan baru, serta pertumbuhan channel digital, inovasi yang dihadirkan dan beberapa kriteria lainnya.

Baca Juga: Maybank Kucurkan Rp2,68 T ke Bio Farma untuk Produksi Vaksin COVID-19

4. Sarana perbankan digital M2U Maybank diapresiasi

Transaksi Digital Maybank Meroket, Tembus 4,1 Juta fifthperson.com

Sebagai informasi, penghargaan “Best Retail Bank for Digital CX – Indonesia” dari Digital CX Awards dianugerahkan kepada Maybank Indonesia atas dasar komitmen Bank dalam menyediakan sarana perbankan digital M2U (App dan Web) yang memberikan kemudahan bagi nasabah dalam melakukan transaksi perbankan serta menerapkan berbagai transformasi secara berkelanjutan guna mendukung upaya digitalisasi di Maybank Indonesia.

Selain itu, pengembangan dan inovasi yang diterapkan pada M2U telah berkontribusi pada bisnis retail banking Maybank Indonesia secara keseluruhan.

Digital XC Awards merupakan ajang penghargaan persembahan dari Digital Banker, sebuah media publikasi dan riset industri perbankan asal Singapura yang memberikan pengakuan terhadap inovasi fitur digital di seluruh ekosistem layanan keuangan serta mengakomodasi kebutuhan nasabah, mendukung pengembangan perekonomian digital masa kini.

Di samping itu, Digital XC Awards juga mempertimbangkan aspek penciptaan model bisnis baru disertai dengan customer journey di sektor keuangan.

Sebanyak lebih dari 600 formulir keikutsertaan dari 127 organisasi industri keuangan di seluruh dunia pada ajang penghargaan Digital CX Awards tahun 2022 dengan beberapa juri ternama yang terlibat dari perusahaan ternama seperti, Alla Gancz (Partner) Capco Digital UK, Frederick Giron (VP, Research Director) Forrester, Tom Mouhsain (Principal Analyst, Customer Experience) APAC Forrester, Ho Kok Yong (Financial Services Industry Leader) Deloitte Southeast Asia, serta John Dovaston (Asia Pacific Financial Services Leader) PWC.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya