Comscore Tracker

5 Mantan Karyawan Google yang Sukses Dirikan Startup Kelas Dunia

Google dikenal punya karyawan jempolan

Jakarta, IDN Times - Siapa yang tidak kenal Google saat ini? Perusahaan digital raksasa asal California, Amerika Serikat ini sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari manusia. Google sangat berperan dalam memudahkan pekerjaan seseorang, mulai dari mencari tugas, melakukan riset, bahkan mencari tahu apa pun dalam keseharian kita.

Kehebatan Google itu tidak lepas dari kontribusi karyawannya yang luar biasa. Tidak heran bila lulusan perusahaan yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ini punya karyawan yang jempolan. Pengakuan itu semakin kuat saat banyak beberapa mantan karyawan Google yang berhasil mendirikan startup kelas dunia.

Merujuk data Crunchbase, ada sekitar 1500 lebih startup yang didirikan oleh 'lulusan' Google, dengan 20 di antaranya berstatus perusahaan nonprofit serta 26 diantaranya perusahaan terbuka.

Tapi kita tidak akan membahas seluruh lulusan Google tersebut. IDN Times merangkum lima Xoogler--sebutan eks karyawan Google--yang berhasl mendirikan startup kelas dunia.

Baca Juga: Unit Perusahaan Induk Google Berinvestasi di Platform Cryptocurrency

1. Lin Bin (Xiaomi)

5 Mantan Karyawan Google yang Sukses Dirikan Startup Kelas DuniaMi. Com

Salah satu sosok dibalik kesuksesan raksasa teknologi asal Tiongkok, Xiaomi, adalah nama Lin Bin. Sosok Lin Bin mungkin bukan pendiri utama Xiaomi. Namun, dia adalah orang nomor dua setelah sang CEO dan pendiri Xiaomi, Lei Jun.  

Singkat cerita, awalnya Lei Jun berpikiran untuk membangun perusahaan yang bisa menggabungkan perangkat lunak, perangkat keras dan layanan internet secara bersamaan.

Dia melihat pada saat itu, Motorola memiliki bisnis perangkat keras terbaik, Microsoft punya perangkat lunak terbaik, dan Google layanan internet terbaik. Ia pun berpikir untuk mengumpulkan talenta terbaik dari perusahaan-perusahaan tersebut saat membangun bisnisnya.

Hingga akhirnya, Lin Bin menjadi orang pertama yang ia temui. Saat itu, Lin Bin masih menjabat sebagai Wakil Presiden Institut Teknologi Google China. Lin bahkan saat itu berniat meninggalkan posisinya untuk membuat startup streaming online.

Tidak butuh waktu lama, Lin Bin akhirnya setuju bergabung dengan Lei Jun dan bersama-sama membangun Xiaomi. Dia pun menjadi orang nomor dua di raksasa teknologi tersebut.

2. Kevin Systrom (Instagram)

5 Mantan Karyawan Google yang Sukses Dirikan Startup Kelas DuniaIlustrasi Instagram bisnis. IDN Times/Paulus Risang

Xoogler selanjutnya adalah Kevin Systrom. Ya, dia adalah pendiri Instagram. Aplikasi media sosial yang tentu kamu sudah tidak asing menggunakannya.

Pria kelahiran 30 Desember 1983 di Holliston, Massachusetts, Amerika Serikat ini merupakan mantan karyawan Google. Selain Google, dia juga mantan karyawa Twitter.

Di Google, Kevin menjabat sebagai manajer pemasaran produk. Ia bekerja untuk berbagai produk Google yang sekarang juga masih banyak digunakan oleh penggunanya semacam Gmail, Google Calendar, Google Docs, dan juga Spreadsheets

Pada 6 Oktober 2010, Intagram mulai rilis perdana. Sebulan setelah rilis, jumlah pengguna tumbuh sebesar 1 juta pengguna. Setelah 1 tahun berjalan Instagram memiliki pengguna lebih dari 10 juta orang.

Setelah fokus pada photo–sharing, Instagram menambah layanannya yaitu video-sharing. Kata Instagram sendiri merupakan gabungan dari kata Instant dan Telegram.

3. Rohan Seth (Clubhouse)

5 Mantan Karyawan Google yang Sukses Dirikan Startup Kelas DuniaClubhouse di App Store. vox.com

Sudah kenal Clubhouse kan? Itu tuh, aplikasi sosial media yang lagi hits banget di kalangan netizen. Hal itu terjadi karena pendiri Tesla, Elon Musk pernah membuat seminar melalui aplikasi tersebut.

Sosok dibalik kesusksesan Clubhouse saat ini adalah Paul Davidson dan Rohan Seth. Clubhouse diluncurkan pada Maret 2020.

Rohan Seth merupakan Xoogler. Dia pernah bekerja di bagian engineering di raksasa digital tersebut. Sebenarnya, Paul Davidson juga merupakan eks karyawan Google, namun dia sepertinya hanya magang.

Baca Juga: Startup Kamu Mau Disuntik Modal Ventura? Pastikan Dulu Punya 5 Hal Ini

4. John Hanke (Niantic Labs)

5 Mantan Karyawan Google yang Sukses Dirikan Startup Kelas Duniapixabay.com

John Hanke mungkin tidak sepopuler konglomerat muda dunia lainnya. Pendiri dari Niantic Labs ini merupakan orang dibalik kesuksesan dari Google Maps dan Google Earth. Aplikasi tersebut berperan besar atas pondasi dasar dari perusahaan seperti Gojek hingga Grab.

Hanke dengan Niantic Labs-nya, mendirikan produk bernama Pokemon Go. Aplikasi ini sempat viral dan digandrungi pecinta game beberapa tahun silam.

Pada saat itu, Hanke berhasil mengumpulkan dana mencapai 25 juta dolar AS dari Google, Nintendo dan Pokemon Company. Dana segar itu pun dimanfaatkan untuk merekrut anggota tim lebih banyak guna mengembangkan Pokemon Go.

5. Evan Williams (Twitter)

5 Mantan Karyawan Google yang Sukses Dirikan Startup Kelas DuniaLogo Twitter (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Evan Williams adalah salah satu sosok dibalik kesuksesan Twitter. Bersama Jack Dorsey, Biz Stone dan Noah Glass, mereka mendirikan Twitter pada 2006.

Evan merupakan pendiri Blogger. Perusahaan tersebut kemudian diakuisisi oleh Google. Pada 2010, Evan Williams pamit sebagai CEO Twitter.

Tidak lama setelah itu, Evan mendirikan Medium. Medium merupakan suatu platform sosio-jurnalisme di mana setiap orang bisa baca dan menulis mengenai suatu topik tertentu.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan di Aplikasi Clubhouse, Sudah Coba?

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya