Comscore Tracker

6 Menteri Baru di Kabinet Jokowi, Siapa yang Paling Dijagokan Ekonom?

Ada satu nama yang diragukan...

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah melantik enam menteri baru di Kabinet Indonesia Maju, Rabu (23/12/2020). Sejumlah nama di Kabinet Indonesia Maju merupakan sosok tidak asing bagi masyarakat, mulai Tri Rismaharini yang diangkat menjadi Menteri Sosial hingga Sandiaga Uno yang menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Piter Abdullah menilai nama-nama tersebut cukup memberi angin segar terhadap kepercayaan masyarakat atas kinerja dan pelayanan pemerintah.

"Beberapa nama yang dipilih pak Jokowi saya kira cukup menjanjikan. Seperti Sandiaga dan Muhammad Lutfi karena punya rekam jejak keberhasilan sebagai pengusaha. Demikian Juga dengan Risma sebagai Wali Kota Surabaya," kata Piter kepada IDN Times, Rabu (23/12/2020).

1. Berharap banyak pada Risma

6 Menteri Baru di Kabinet Jokowi, Siapa yang Paling Dijagokan Ekonom?Tri Rismaharini (Instagram.com/tri.rismaharini)

Piter berharap banyak pada Tri Rismaharini atau yang lebih dikenal sebagai Risma di posisi Menteri Sosial. Kesuksesan dan pengalaman Risma sebagai Wali Kota Surabaya diharapkan bisa terus berlanjut dalam berkiprah di Kabinet Indonesia Maju. Dia berharap Risma bisa seperti sosok Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019, Susi Pudjiastuti.

"Risma adalah sosok yang berintegritas, bersih dan tegas. Bisa jadi Risma akan menjadi sosok yang paling tepat. Seperti dulu Bu Susi (Pudjiastuti). Kita berharap seperti itu," kata Piter kepada IDN Times, Rabu (23/12/2020).

Baca Juga: Gaspol! Sandi dan Lutfi Langsung Koordinasi dengan Erick juga Bahlil 

2. Pesimistis dengan Menteri KKP baru

6 Menteri Baru di Kabinet Jokowi, Siapa yang Paling Dijagokan Ekonom?Wahyu Sakti Trenggono (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Sementara itu, Piter masih meragukan kehadiran Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan bisa berprestasi signifikan. Apalagi, masyarakat masih belum bisa lepas dengan nama Susi Pudjiastuti yang dinilai sukses mengemban amanah.

"Untuk pengganti Menteri KKP, siapa pun menterinya akan selalu dibandingkan dengan sosok ibu Susi. Bu Susi sudah menetapkan standar yang sangat tinggi untuk seorang Menteri KP. Sekarang terulang kepada Pak Wahyu. Saya sendiri agak pesimis," tutur dia.

3. BGS hingga Sandiaga perlu pembuktian, Lutfi sudah pas

6 Menteri Baru di Kabinet Jokowi, Siapa yang Paling Dijagokan Ekonom?Pengumuman Menteri Baru di Kabinet Indonesia Maju pada Selasa (22/12/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sementara itu, sosok Budi Gunadi Sadikin (BGS) yang menjadi Menteri Kesehatan serta Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dinilai masih perlu pembuktian. Apalagi, BGS bukan merupakan orang yang berlatar belakang di sektor kesehatan.

"Hanya Lutfi (Menteri Perdagangan) yang dirasa cukup tepat. Tantangan yang lebih besar saya kira adalah BGS. Memasuki dunia yang sangat berbeda. Tapi Kita bisa berharap BGS bisa menjadi pilihan tepat. Yang dibutuhkan memang seorang menteri. Bukan dokter," ucap dia.

4. Jokowi lantik enam menteri

6 Menteri Baru di Kabinet Jokowi, Siapa yang Paling Dijagokan Ekonom?Pelantikan Menteri dan Wamen Kabinet Indonesia Maju, Kepala BNN dan Kepala BRGM di Istana Negara pada Rabu (23/12/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi melantik enam menteri barunya di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (23/12/2020) pagi ini. Pelantikan tersebut digelar pada pukul 09.30 WIB.

Pelantikan enam Menteri Kabinet Indonesia Maju hari ini berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 133/P/2020 tentang Pengisian dan Penggantian Beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

Dengan mengenakan setelan jas berwarna abu-abu dasi merah, peci hitam, dan masker hitam, Jokowi memimpin jalannya acara pelantikan. Ia meminta para menteri tersebut untuk mengucapkan sumpah jabatan dengan mengikuti ucapannya.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," kata mereka.

Berikut enam menteri baru hasil reshuffle yang mengisi kursi Kabinet Indonesia Maju:

1. Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial
2. Sandiaga Uno sebagai Menparekraf
3. Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan
4. Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama
5. Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan
6. Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan

Baca Juga: Ditunjuk Jadi Menteri KP, Trenggono: Saya Harus Belajar soal Laut

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya