Comscore Tracker

Dear Millennial, Ini Pesan Ibu Negara kalau Kamu Mau Jadi Pengusaha

Yuk mulai jadi pengusaha

Jakarta, IDN Times - Ibu Negara Iriana Jokowi mengajak generasi millennial di tanah air menjadi pengusaha. Menurutnya pemerintah telah memberi banyak kemudahan, baik dari segi pembiayaan maupun kemudahan, untuk berusaha.

“Kesempatan yang sangat terbuka lebar, pemerintah memberi banyak kemudahan, kementerian lembaga, BI, perbankan, BUMN, dan lain-lain memiliki banyak program pengembangan kewirausahaan, UMKM, termasuk untuk kaum millennial yang memiliki gagasan dan karya-karya yang kreatif dan inovatif,” kata Iriana dalam Karya Kreatif Indonesia (KKI) seri III yang digelar secara virtual, Jumat (20/11/2020).

1. Iriana mengajak masyarakat mencintai produk lokal

Dear Millennial, Ini Pesan Ibu Negara kalau Kamu Mau Jadi PengusahaANTARA FOTO/ ICom/AM IMF-WBG/Afriadi Hikmal

Iriana mengajak masyarakat Indonesia, khususnya generasi millennial, untuk mencintai produk lokal. Dengan demikian UMKM di Indonesia bisa semakin bersaing di pasar domestik maupun global. 

Tidak hanya itu, UMKM pun diharapkan dapat semakin memberi kontribusi yang lebih besar lagi bagi perekonomian dalam negeri.

“Mari kita cintai produk-produk Indonesia, kita dukung gerakan nasional bangga buatan Indonesia, bergotong royong mengembangkan produk-produk Indonesia, membeli dan bangga menggunakan produk-produk Indonesia,” ucap dia.

Baca Juga: BRI Sediakan Panggung untuk UMKM Lewat BRILIANPRENEUR UMKM Export 2020

2. Iriana ajak UMKM optimalkan layanan digital

Dear Millennial, Ini Pesan Ibu Negara kalau Kamu Mau Jadi PengusahaIDN Times/ Helmi Shemi

Iriana menambahkan, di era kemajuan teknologi seperti saat ini, UMKM diharapkan dapat mengoptimalkan layanan digital yang tersedia. Upaya tersebut, lanjutnya, perlu dibarengi dengan peningkatan kualitas produk-produk dalam negeri, baik dari segi branding, packing, pelayanan, dan juga harga.

“Agar tidak kalah bersaing dengan produk-produk dari negara lain,” tutur dia.

3. Millennial motor penggerak pertumbuhan UMKM

Dear Millennial, Ini Pesan Ibu Negara kalau Kamu Mau Jadi PengusahaANTARA FOTO/R. Rekotomo

Kontribusi generasi millennial di saat ini hingga masa depan diyakini akan terus meningkat dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Mereka juga bakal berkontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

"Milenial sebagai generasi penerus bangsa akan menjadi motor penggerak new UMKM di masa kini dan masa depan,” kata Guberunur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo.

Baca Juga: Komitmen Kembangkan UMKM RI, PT Pupuk Indonesia Siap Dukung PaDI UMKM 

Topic:

  • Dwi Agustiar
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya