Comscore Tracker

Bertemu Jokowi, Direktur Bank Dunia Terpilih Bahas Ekonomi Global

Mari mengucapkan terima kasih telah dicalonkan oleh Jokowi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Direktur Pelaksana Bank Dunia terpilih, Mari Elka Pangestu, Selasa (11/2). Pertemuan tersebut berlangsung di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Awal tahun ini, Mari baru saja ditunjuk untuk posisi tersebut setelah Presiden Joko Widodo mencalonkannya sebagai perwakilan Indonesia untuk Bank Dunia. Dirinya akan efektif mengemban posisi tersebut pada 1 Maret 2020 mendatang.

"Saya datang untuk menyampaikan terima kasih bahwa Presiden telah menominasikan nama saya untuk posisi Direktur Pelaksana Bank Dunia. Presiden berharap agar saya bisa secara reguler mengupdate situasi dunia yang saat ini tentunya banyak isu dan tantangannya," kata Mari seperti dikutip dari keterangan resminya, Rabu (12/2). 

1. Bertemu Jokowi, Mari banyak bahas perkembangan perekonomian global

Bertemu Jokowi, Direktur Bank Dunia Terpilih Bahas Ekonomi GlobalIDN Times/Kevin Handoko

Mari mengungkapkan, pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo banyak membicarakan soal ekonomi global. Apalagi pertumbuhan ekonomi dunia diperkirakan akan lebih rendah dari yang diperkirakan sebelumnya dengan adanya penyebaran virus corona.

"Sekarang banyak ketidakpastian dan tentu tindakan-tindakan apa yang harus dilakukan oleh negara-negara sedang berkembang dalam mengantisipasi ketidakpastian global baik dari segi ekonomi maupun isu-isu pembangunan berkelanjutan," ucapnya.

Baca Juga: Pertumbuhan Ekonomi di Papua Selalu Minus, Ini Penyebabnya

2. Di tengah ketidakpastian global, reformasi struktural sangat penting genjot untuk genjot perekonomian

Bertemu Jokowi, Direktur Bank Dunia Terpilih Bahas Ekonomi Global(Ilustrasi pertumbuhan ekonomi) IDN Times/Arief Rahmat

Di tengah ketidakpastian tersebut, Mari menilai bahwa program reformasi struktural untuk menggenjot perekonomian amat diperlukan. Artinya, beberapa kebijakan yang saat ini dinilai berpengaruh dalam menghambat pertumbuhan ekonomi harus diperbaiki.

"Reformasi struktural seperti yang menjadi program prioritas Presiden saat ini itulah sebetulnya langkah yang paling tepat untuk dilakukan. Reformasi struktural boleh dikatakan untuk Indonesia saat ini adalah prioritas baik apakah itu untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru maupun sumber pertumbuhan yang baru," kata Mari.

"Saya rasa Indonesia sudah berada dalam track yang tepat," tambahnya.

3. Profil Mari Elka Pangestu, dari menteri hingga Direktur Pelaksana Bank Dunia

Bertemu Jokowi, Direktur Bank Dunia Terpilih Bahas Ekonomi GlobalDirektur Pelaksana Bank Dunia terpilih Mari Elka Pangestu bertemu Presiden Jokowi di Istana Bogor. (Dok. Sekretariat Presiden)

Mari merupakan putri dari J.J. Panglaykim, seorang ekonom terkenal di Indonesia. Mari pernah menjabat sebagai Menteri Perdagangan Indonesia dari 2004 hingga 2011. Dia juga pernah menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dari 2011 hingga Oktober 2014.

Perempuan kelahiran Jakarta, 23 Oktober 1956 itu memperoleh gelar Sarjana dan Master of Economics dari the Australian National University, Australia.

Pada 1986, Mari meraih gelar PhD dalam bidang Perdagangan Internasional, Keuangan, dan Ekonomi Moneter dari Universitas California, Davis, Amerika Serikat.

Mari akan menduduki kursi Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia mulai 1 Maret 2020. 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Sri Mulyani Buka-Bukaan Soal Resesi yang Guncang Perekonomian Global

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya