Comscore Tracker

Biaya Riil Haji Rp70 Juta, BPKH Siapkan Rp6,9 Triliun untuk Subsidi

Kewajiban yang dibayar jemaah calon haji hanya Rp35 juta

Jakarta, IDN Times - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) memperkirakan biaya yang dikeluarkan para jemaah untuk pergi haji mencapai Rp70 juta. Namun dalam pelaksanaannya, kewajiban yang dibayarkan hanya Rp35 juta atau setengahnya.

Anggota Badan Pelaksana Bidang Keuangan BPKH, Acep Riana Jayaprawira mengatakan, BPKH tengah menyiapkan anggaran sebesar Rp6,9 triliun untuk mensubsidi biaya tersebut. Dana itu akan diperoleh melalui penempatan dana haji di investasi dan bank.

"Riil ongkos Rp70 juta. Padahal mereka bayar hanya Rp35 juta. Sisanya kekurangan Rp6,9 triliun itu yang dicari oleh BPKH atau subsidi ini," ujarnya di d'Consulat, Jakarta, Rabu (22/1).

1. BPKH targetkan kelola dana haji Rp132 triliun di 2020

Biaya Riil Haji Rp70 Juta, BPKH Siapkan Rp6,9 Triliun untuk SubsidiIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

BPKH menargetkan kenaikan pengelolaan dana haji di 2020 sebesar Rp132 triliun. Pada 2019, dana haji yang dikelola sebesar Rp125 triliun atau meningkat dari 10,6 persen dari tahun sebelumnya yang sebesar Rp113 triliun. Sedangkan nilai manfaatnya mencapai Rp7,2 triliun, meningkat 27,9 persen dari tahun sebelumnya sebesar Rp5,8 triliun.

"Tahun 2020 BPKH menargetkan dana kelolaan sebesar Rp132 triliun dan nilai manfaat Rp8 triliun. Kenaikan dana kelolaan ini diharapkan dapat memberikan peluang lebih besar untuk investasi," ungkapnya.

Baca Juga: BPKH Target Kelola Dana Haji Rp132 Triliun di 2020

2. Tips buat millenial agar bisa pergi haji

Biaya Riil Haji Rp70 Juta, BPKH Siapkan Rp6,9 Triliun untuk SubsidiAnggota Badan Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) A Iskandar Zulkarnain/ IDN Times Panji Galih

Sementara itu, Anggota Badan Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) A Iskandar Zulkarnain dalam Indonesia Millennial Summit 2020 di sesi Hijrah, menyebut bahwa gaya hidup agar lebih positif terutama untuk millenial adalah menyarankan untuk daftar haji sejak dini. Caranya, adalah dengan menyisihkan uang setiap harinya dengan jangka waktu tertentu.

"Kalau daftar dari muda biar nanti para millennial bisa menabung uang Rp20 ribu selama empat tahun, itu pasti akan terkumpul," ungkap Iskandar.

3. BPKH ajukan usulan penyesuaian tarif haji ke DPR

Biaya Riil Haji Rp70 Juta, BPKH Siapkan Rp6,9 Triliun untuk SubsidiIDN Times/Nindias Khalika

Kepala BPKH Anggito Abimanyu menyatakan, pihaknya telah menyampaikan usulan terkait penyesuaian biaya ongkos jemaah haji untuk tahun ini. Sebab, biaya haji sebesar Rp35 juta dinilai perlu disesuaikan dengan kondisi saat ini.

"Kami sudah ajukan usulan ke DPR. Untuk (nominal) itu, internal kami saja,"ujarnya.

Baca Juga: Kemenag Usul Biaya Haji 2020 Rp35 Juta

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya