Comscore Tracker

BPJS Kesehatan: 1 Juta Peserta Sudah Turun Kelas

Proyeksinya bisa 2 juta lebih turun kelas

Jakarta, IDN Times - BPJS Kesehatan mencatat sebanyak 1 juta peserta telah turun kelas akibat kenaikan iuran. Penurunan kelas terjadi pada kelas I dan kelas II.

"Kita lihat selama ini yang turun kelas baru 1 juta. Kita akan lihat trennya," kata Direktur Keuangan dan Investasi BPJS Kesehatan Kemal Imam Santoso dalam Ngobrol Seru bareng IDN Times, Jumat (10/7/2020).

1. BPJS Kesehatan persilahkan peserta bila ingin turun kelas

BPJS Kesehatan: 1 Juta Peserta Sudah Turun KelasANTARA FOTO/Makna Zaezar

Kemal menambahkan, pihaknya tak melarang para peserta BPJS Kesehatan bila ingin turun kelas. Menurutnya, setiap peserta memiliki kemampuan yang berbeda-beda.

"Dngan adanya kenaikan itu diberikan kemudahan relaksasi peserta misalnya kalau belum mampu menyesuaikan dengan iuran kelas I dan II boleh pindah kelas," jelas dia.

Baca Juga: Iuran BPJS Kesehatan Naik Mulai Hari Ini, Berikut Rinciannya 

2. Peserta BPJS Kesehatan diproyeksi capai 2,3 juta

BPJS Kesehatan: 1 Juta Peserta Sudah Turun KelasANTARA FOTO/Septianda Perdana

Diberitakan sebelumnya, Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengatakan, tren penurunan peserta BPJS Kesehatan diproyeksi mencapai 2,3 juta peserta PBPU. Adapun jumlah peserta PBPU per Mei 2020 sebanyak 30,68 juta peserta.

“Dari data yang kami dapatkan bahwa tren peserta turun kelas sekitar 7,54 persen. Jadi tidak seperti yang diberitakan bisa sampai 50 persen,” ujar Fachmi.

3. Proyeksi penurunan peserta lebih besar dibanding peserta mandiri di 2019

BPJS Kesehatan: 1 Juta Peserta Sudah Turun KelasIlustrasi BPJS Kesehatan (IDN Times/Rahmat Arief)

Fahmi mengatakan proyeksi penurunan ini lebih besar dibanding realisasi penurunan peserta mandiri di akhir 2019 yang sebesar 1,03 juta peserta atau hanya 3,41 persen dari total jumlah peserta mandiri 30,34 juta orang.

Sementara itu hingga akhir Mei 2020, sebanyak 40.350 peserta mandiri sudah turun kelas. Sebanyak 9.331 peserta turun dari kelas I ke II, 11.738 peserta turun dari kelas I ke III, dan 38.383 peserta turun dari kelas II ke III.

Baca Juga: Iuran Naik, 2,3 Juta Peserta BPJS Kesehatan Diprediksi Turun Kelas

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya