Comscore Tracker

Cegah Virus Corona, Pemeriksaan Penumpang di Pelabuhan Makin Ketat

Pemeriksaan juga diperketat di bandara

Jakarta, IDN Times – Dunia internasional tengah mewaspadai penyebaran wabah penyakit pneumoni berat akibat virus corona (coronavirus). Pengawasan terus diperketat melalui pintu-pintu masuk utama seperti bandara dan pelabuhan.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) akan memperketat pemeriksaan kesehatan penumpang di pelabuhan khususnya di pelabuhan yang melayani kapal-kapal internasional. Hal ini dilakukan untuk mencegah masuknya virus corona ke Indonesia.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ahmad mengatakan, pihaknya bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan melakukan pengetatan pemeriksaan penumpang di pelabuhan melalui pemasangan thermal scanner untuk mendeteksi peningkatan suhu tubuh penumpang yang dipasang pada area kedatangan internasional.

“Setiap penumpang yang baru tiba utamanya yang berasal dari negara terjangkit seperti Tiongkok dan Hongkong harus melewati thermal scanner untuk mengetahui suhu tubuhnya. Bila tinggi maka petugas akan melakukan pemeriksaan lanjutan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (23/1).

Batam misalnya, pelabuhan-pelabuan yang melayani kedatangan internasional telah memasang alat thermal scanner di pintu masuk internasional seperti Pelabuhan Sekupang, Harbour Bay dan pelabuhan 

1. Perketat pelayaran yang berasal dari Hongkong dan Tiongkok

Cegah Virus Corona, Pemeriksaan Penumpang di Pelabuhan Makin KetatANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Selain itu, Dirjen Hubla Agus Purnomo minta kepada jajarannya di pelabuhan untuk melakukan identifikasi pelayaran dari Tingkok dan Hongkong serta melakukan sosialisasi kepada petugas pelabuhan untuk dapat mengenali secara dini gejala penyakit dan melaporkannya kepada petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan.

“Jika terdapat penumpang yang teridentifikasi memiliki kondisi suhu tubuhnya di atas 38 derajat serta memiliki gejala umum batuk, demam, sesak napas, dan memiliki riwayat perjalanan dari Tiongkok atau Hongkong, petugas pelabuhan harus langsung berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan setempat untuk selanjutnya penumpang tersebut akan dilakukan penanganan khusus,” ucap dia.

2. Perketat penjagaan jelang imlek

Cegah Virus Corona, Pemeriksaan Penumpang di Pelabuhan Makin KetatWisatawan mancanegara dari kapal Pesiar MV. Aidavita tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Twitter.com/disporaparjtg

Jelang memasuki libur Tahun Baru Imlek ini, kata Ahmad, perlu ditingkatkan kewaspadaannya, khususnya terhadap penumpang dan kapal yang datang dari Tiongkok. Dia juga mengimbau masyarakat agar selalu siaga menyiapkan alat pelindung diri.

“Kami juga mengimbau kepada setiap penumpang, khususnya bagi Warga Negara Indonesia yang akan bepergian keluar negeri atau pulang dari luar negeri agar menggunakan alat pelindung diri seperti masker serta senantiasa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat,” imbuh dia.

Baca Juga: 17 Orang Tewas Akibat Virus Corona, Tiongkok Tutup Kota Wuhan

3. Pencegahan juga dilakukan di bandara

Cegah Virus Corona, Pemeriksaan Penumpang di Pelabuhan Makin KetatIDN Times/Ayu Afria

PT Angkasa Pura I (Persero) akan melakukan pengetatan pemeriksaan kesehatan penumpang internasional, agar virus Corona tidak menyebar ke Indonesia.

Upaya ini dilakukan dengan bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan mengoptimalkan penggunaan Thermal Scanner dan Thermometer Infrared di area terminal, guna mendeteksi peningkatan suhu tubuh penumpang yang berada di atas suhu normal.

“Sebagai pengelola bandara internasional yang menjadi gerbang utama masuknya wisatawan ke Indonesia, kami menyadari potensi ancaman Coronavirus masuk ke Indonesia. Pengetatan pemeriksaan kesehatan penumpang ini merupakan langkah kami untuk mencegah masuknya Coronavirus melalui wisatawan yang masuk ke Tanah Air, khususnya dari beberapa negara-negara yang telah terjangkit," ujar Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi dalam keterangan tertulis

Baca Juga: Waspada Virus Corona, Menkes Terawan: Jangan Panik

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya