Comscore Tracker

[CEK FAKTA] Viral Uang Redenominasi Rp100 Bergambar Jokowi

Rupiah lambang kedaulatan Indonesia, hati-hati

Jakarta, IDN Times - Viral di media sosial menampilkan uang rupiah dengan gambar Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Uang itu direkam dengan narasi uang kertas pecahan Rp100.

Dalam uang kertas berwarna merah itu, ditampilkan tulisan Bank Indonesia (BI) beserta logo dan nomor seri. Benarkah demikian?

Baca Juga: [CEK FAKTA] Syarat Rapid Test di Bandara Diganti Kunyah Biji Jagung

1. Dipastikan hoaks

[CEK FAKTA] Viral Uang Redenominasi Rp100 Bergambar JokowiUang Rp100 bergambar Jokowi dipastikan hoax. (Tangkapan layar)

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono memastikan bahwa foto uang tersebut merupakan hoaks. Pihak BI juga telah mengecek hal ini.

"Kelihatannya ini anak-anak iseng di TikTok terus masuk Instagram dan juga FB," kata Erwin kepada IDN Times, Senin (8/2/2021).

2. Rupiah lambang kedaulatan Indonesia, penyebar hoaks hati-hati

[CEK FAKTA] Viral Uang Redenominasi Rp100 Bergambar JokowiIlustrasi Buzzer (IDN Times/Sukma Shakti)

Erwin pun meminta kepada siapa pun untuk tidak mempermainkan mata uang Indonesia. Dia menyebut bahwa Rupiah merupakan lambang dari kedaulatan Indonesia.

"Kami dengar yang membuat sudah minta maaf. Lebih bagus lagi kalau dihapus. Kami ingin ajak masyarakat untuk berhati-hati urusan ini," tuturnya.

3. Video uang bergambar Jokowi sudah dihapus

[CEK FAKTA] Viral Uang Redenominasi Rp100 Bergambar Jokowi3. Video uang bergambar Jokowi sudah dihapus. (Tangkapan layar)

Pantauan IDN Times, video tentang uang bergambar Jokowi diunggah pada akun @jakarta.keras. Namun, saat ini video tersebut sudah tidak bisa ditemukan.

Dalam video tersebut terpampang foto setengah badan Jokowi. Sementara di sisi lainnya bergambar Istana Negara.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Pertamina Buka Lowongan Kerja untuk Tahun 2021

Topic:

  • Sunariyah
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya