Cerita CEO Bukalapak, Bercita-cita Jadi PNS Malah Jadi Pengusaha

Zaky terinspirasi dengan teman-temannya yang jadi pengusaha

Jakarta, IDN Times - Siapa yang tak kenal Bukalapak? Salah satu e-commerce raksasa di Indonesia. Bahkan Bukalapak saat ini statusnya sudah menjadi unicorn atau start-up yang memiliki valuasi senilai US$1 miliar (sekitar Rp13,1 triliun) atau lebih.

Sosok Achmad Zaky merupakan salah satu orang yang membawa Bukalapak bisa sebesar saat ini. Namun, ada hal yang menarik dari perjalanan pria lulusan Institute Teknologi Bandung (ITB) ini dalam kariernya.

Di Indonesia Development Forum (IDF) 2019, Zaky buka-bukaan soal cita-citanya saat kecil yang ternyata bukan ingin menjadi pengusaha seperti saat ini. Apa yang terjadi sekarang, kata Zaky, berkat orang-orang di sekitarnya yang menginspirasi.

Baca Juga: Bos Bukalapak Bicara Serbuan Produk Impor di E-Commerce

1. Impian masa kecil menjadi PNS

Cerita CEO Bukalapak, Bercita-cita Jadi PNS Malah Jadi PengusahaANTARA FOTO/Akbar Aprilio

Zaki mengungkapkan, dulu dia berkeinginan menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Jenjang karier yang diinginkannya lantaran terinspirasi oleh jejak karier orang tuanya yang merupakan pegawai pemerintahan.

"Karena orang tua jadi PNS," ujarnya di JCC, Senayan, Jakarta, Selasa (23/7).

2. Jadi pengusaha karena terinspirasi

Cerita CEO Bukalapak, Bercita-cita Jadi PNS Malah Jadi PengusahaPixabay.com/rawpixel

Lebih lanjut, Zaki mengungkapkan, dirinya kemudian berubah tujuan karier lantaran terinspirasi oleh teman-temannya di bangku kuliah. Pada saat itu, banyak rekan seangkatannya yang memilih menjadi pengusaha dibanding kerja di perusahaan.

"Dulu saya nanya alumni pengennya kerja, nah pas generasi saya itu pengennya usaha. ini perlu didorong supaya enterpreneur baru yang lebih bervariasi. semakin banyak itu inspirasi semakin menyebar. banyak banget enterpreneur kita lulusan SMK," jelas dia.

Baca Juga: Bos Bukalapak Bantah Produk Impor di E-Commerce Capai 94 Persen

3. Takut mengambil risiko masih menjadi budaya

Cerita CEO Bukalapak, Bercita-cita Jadi PNS Malah Jadi Pengusahapixabay/startupstockphotos

Disamping itu, Zaky menyebut jika takut mengambil risiko masih menjadi budaya yang mengakar di Indonesia. Masih banyak lebih mencari aman dalam karirnya dengan memilih bekerja di perusahaan.

"Secara unun budaya Indonesia sangat anti terhadap risiko. Karena kita baru saja merdeka, menglami penderitaan yang berat. Punya pekerjaan tetap saja itu suatu achievement," tandasnya.

Baca Juga: Dituding Sokong Kelompok Radikal, Bukalapak: Itu Hoaks

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You