Comscore Tracker

Daftar Tarif Baru Tol BORR, Berlaku Mulai 30 Januari 2021

Persiapkan uang elektronik dan patuh protokol kesehatan

Jakarta, IDN Times - Tarif baru Jalan Tol Bogor Ring Road (BORR) akan diberlakukan mulai 30 Januari 2021 pukul 00.00 WIB. Penyesuaian tarif ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No.08/KPTS/M/2021 tentang Penyesuaian Tarif Pada Jalan Tol Bogor Ring Road.

Penyesuaian tarif ini juga dilakukan bersamaan dengan Pengoperasian Seksi III A Jalan Tol BORR (Simpang Yasmin – Simpang Semplak) sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No.07/KPTS/M/2021 tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Bogor Ring Road Seksi IIIA (Simpang Yasmin – Simpang Semplak).

Baca Juga: 6 Ruas Tol Berubah Tarif per 17 Januari 2021, Cek Daftarnya!

1. Tarif terbaru tol BORR per 30 Januari 2021

Daftar Tarif Baru Tol BORR, Berlaku Mulai 30 Januari 2021Ilustrasi pembangunan (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Pemberlakuan tarif baru pada Jalan Tol Bogor Ring Road dengan beroperasinya Seksi III A (Simpang Yasmin-Simpang Semplak) menjadi sebagai berikut :

A. Penyesuaian Tarif BORR Segmen Sentul Selatan - Simpang Semplak  (Seksi 1-2.B + 3.A):
Gol I: Rp14 ribu yang semula Rp10 ribu
Gol II: Rp21 ribu yang semula Rp15 ribu
Gol III: Rp21 ribu yang semula Rp15 ribu
Gol IV: Rp28 ribu yang semula Rp20 ribu
Gol V: Rp28 ribu yang semula Rp20 ribu

B. Tarif Tol Segmen Cibadak – Kayu Manis (Seksi 3.A):

Gol I : Rp5 ribu
Gol II : Rp7.500
Gol III: Rp7.500
Gol IV: Rp10 ribu
Gol V: Rp10 ribu

"Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol," kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero), Dwimawan Heru dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/1/2021).

2. Tentang Tol BORR

Daftar Tarif Baru Tol BORR, Berlaku Mulai 30 Januari 2021Ilustrasi. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Jalan Tol BORR dengan panjang total sekitar 13,8 km merupakan alternatif jalan yang menghubungkan Sentul Selatan – Salabenda, sebagai bagian rangkaian pembangunan dari seksi sebelumnya melalui wilayah Sentul Selatan, Kedung Halang, Kedung Badak, Simpang Yasmin dan Simpang Semplak. Secara keseluruhan Jalan Tol BORR dibagi menjadi sejumlah seksi dengan rincian sebagai berikut :

- Seksi 1 Sentul - Kedung Halang, sepanjang 3,85 Km
- Seksi 2A Kedung Halang – Kedung Badak, sepanjang 1,95 Km
- Seksi 2B Kedung Badak – Simpang Yasmin, sepanjang 2,65 Km
- Seksi 3A Simpang Yasmin – Simpang Semplak, sepanjang 2,85 Km
- Seksi 3B Simpang Semplak - Junction Salabenda, sepanjang 2,5 Km, direncanakan akan dibangun pada tahun 2022

Baca Juga: Tarif Tiga Tol ini Segera Naik, Ini Rinciannya

3. Tol BORR salah satu solusi untuk mengurai kemacetan di Kota Bogor

Daftar Tarif Baru Tol BORR, Berlaku Mulai 30 Januari 2021Sejumlah kendaraan bergerak lambat saat kepadatan arus lalu lintas di jalan Otto Iskandardinata, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (2/1/2021) (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Jalan Tol BORR dapat mengurai kepadatan lalu lintas di Kota Bogor, terutama di Jalan Sholeh Iskandar. Jalan Tol BORR atau Lingkar Bogor ini juga diharapkan dapat memperlancar mobilisasi masyarakat dan ekonomi Bogor sebagai kota penyangga Jakarta.

Dengan beroperasinya Ruas BORR Seksi III A (Simpang Yasmin–Simpang Semplak) ini maka terdapat penambahan jalan tol operasi sepanjang 3,8 Km, yang sebelumnya 7,5 Km menjadi 11,3 Km. Penambahan jalan tol operasi ini menjadi dasar pemberlakuan tarif baru untuk Ruas BORR dengan mempertimbangkan jenis konstruksi Seksi IIIA Ruas Simpang Yasmin–Simpang Semplak yang merupakan konstruksi layang sehingga memerlukan biaya konstruksi yang lebih tinggi, yang nilainya sekitar 4-5 kali lipat dari konstruksi at grade. Pemberlakuan tarif baru Jalan Tol BORR ini juga memperhitungkan inflasi 2,5 tahun yaitu dari Juni 2018-Des 2020 sebesar 7,32 persen.

Selain itu, pemberlakuan tarif ini juga mempertimbangkan keseimbangan antara kemampuan membayar pemakai jalan tol dengan pengembalian investasi yang kondusif, pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan peningkatan pelayananan dari Ruas BORR.

Baca Juga: Bisa Urai Kemacetan Bogor, Tol BORR Seksi IIIA Dibuka Akhir Januari

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya