Comscore Tracker

Di Depan Kanselir Jerman, Jokowi Banggakan Unicorn dan Decacorn RI

Indonesia menyongosong transformasi digital

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengungkapkan roadmap Indonesia dalam melakukan transformasi digital. Rencana itu diwujudkan lewat Making Indonesia 4.0.

Jokowi menyebut bahwa ekonomi digital dan industri 4.0 Indonesia saat ini adalah yang tercepat di Asia Tenggara. "Indonesia memiliki start up sekitar 2.193, kelima terbesar di dunia," kata Jokowi dalam pembukaan Hannover Messe 2021, Senin (12/4/2021).

Baca Juga: 3 dari 4 Unicorn Telah Mendaftar ke BEI, Siapa Saja Mereka?

1. Jokowi banggakan unicorn dan decacorn Indonesia

Di Depan Kanselir Jerman, Jokowi Banggakan Unicorn dan Decacorn RIIlustrasi Logo Gojek (Website/gojek.com)

Di depan Kanselir Jerman, Angela Merkel, Jokowi juga membanggakan unicorn dan decacorn milik Indonesia. Sebagai informasi, unicorn di Indonesia saat ini yakni Tokopedia, Traveloka, OVO dan Bukalapak. Sementara decacorn Indonesia adalah Gojek.

Perusahaan bergelar unicorn adalah bisnis yang nilai valuasinya sudah mencapai 1 miliar dolar AS. Sedangkan decacorn adalah perusahaan yang mempunyai nilai valuasi 10 kali lipat dari unicorn, yaitu sebesar 10 miliar dolar AS.

"Indonesia memiliki lima unicorn dan Indonesia bahkan telah memiliki satu decacorn," ucapnya.

2. Jokowi proyeksikan industri digital sumbang 133 miliar dolar AS ke PDB Indonesia

Di Depan Kanselir Jerman, Jokowi Banggakan Unicorn dan Decacorn RIIlustrasi Pertumbuhan Ekonomi (IDN Times/Arief Rahmat)

Mantan Wali Kota Solo ini memproyeksikan kontribusi industri digital ke pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 133 miliar dolar AS di 2025.

"Didukung 185 juta penduduk yang memiliki akses internet, terbesar keempat di dunia. Kemajuan industri 4.0 akan menjadikan Indonesia top 10 economy global di tahun 2030," katanya.

Baca Juga: Mengenal Istilah Unicorn, Decacorn, dan Hectocorn di Dunia Startup

3. Jokowi ajak Jerman bermitra dengan Indonesia

Di Depan Kanselir Jerman, Jokowi Banggakan Unicorn dan Decacorn RIPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengajak pemerintah Jerman untuk bersama-sama mewujudkan transformasi digital di Tanah Air. Diharapkan, kerja sama ini dapat semakin memperkuat hubungan kedua negara.

"Indonesia sendiri telah menyiapkan roadmap implementasi making Indonesia 4.0," imbuh dia. 

Baca Juga: Go-Jek Jadi Startup Decacorn Pertama Indonesia

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya