Comscore Tracker

Erick Thohir Bersih-bersih Kementerian BUMN, Ekonom: Itu Tidak Politis

Belum lama ini Erick mencopot 7 pejabat Kementerian BUMN

Jakarta, IDN Times - Ekonom Center of Reform on Economics (Core) Indonesia, Piter Abdullah yakin bahwa 'bersih-bersih' di Kementerian BUMN yang dilakukan oleh Menteri BUMN Erick Thohir bukan langkah politis. Menurut dia, hal itu dilakukan Erick murni karena keinginannya untuk melakukan perbaikan di tubuh Kementerian BUMN.

"Tentunya untuk perbaikan BUMN," ujarnya di Jakarta, Rabu (20/11). 

1. Gebrakan Erick Thohir di Kementerian BUMN masih dinanti

Erick Thohir Bersih-bersih Kementerian BUMN, Ekonom: Itu Tidak Politis(Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di Istana Negara) IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Terlepas dari persoalan bersih-bersih BUMN, Piter justru lebih tertarik dengan gebrakan Erick sebagai Menteri BUMN. Apalagi, BUMN dalam beberapa tahun terakhir sudah mengalami perbaikan. 

"Karena kalau kita lihat data, BUMN selama lima tahun terakhir ini kan terus menunjukkan perbaikan, baik dilihatkan dengan angka pertumbuhan profit ataupun jumlah BUMN yang bermasalah yang semakin sedikit. Ini kan artinya BUMN semakin membaik," kata Piter. 

Piter menyebut sampai saat ini pandangan maupun strategi Erick Thohir di Kementerian BUMN belum terlihat jelas. Sehingga, masih perlu dinantikan kebijakan mantan bos Inter Milan itu dalam memperbaiki BUMN. 

"Tapi kita perlu tahu bagaimana cara pandangnya Pak Erick Thohir, apakah perbaikan ini dianggap belum cukup perlu suatu lompatan besar sehingga perlu perombakan besar, transformasi yang luar biasa, itu kita perlu tahu," ungkapnya. 

"Karena sampai sejauh ini kan pak Erick Thohir belum menunjukkan, menyampaikan ke kita arah cara pandang dia seperti apa, arah yang ingin dia tuju seperti apa, dan starteginya apa, sehingga dia kemudian memerlukan orang-orang yang seperti apa. Ini yang perlu kita tunggu dari Pak ET," tambah Piter.

Baca Juga: 5 Pejabat Eselon 1 Jadi Direksi BUMN, Erick Thohir: Biar Paham Masalah

2. Erick Thohir diharap bisa lebih transparan dalam memimpin Kementerian BUMN

Erick Thohir Bersih-bersih Kementerian BUMN, Ekonom: Itu Tidak Politis(Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir di Istana Negara) IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Piter berharap dalam lima tahun ke depan Erick Thohir bisa memimpin Kementerian BUMN dengan lebih transparan. Menurut Piter, pengelolaan BUMN di era Rini Soemarno kurang transparan. 

"Karena kan pengelolaan BUMN kan selama ini kurang transparan, kita pada Bu Rini dulu kan gitu, kok ganti-ganti (direksi) tanpa transparansi dan pesan yang jelas kenapa diganti.  Nah kita harapkan sekarang pak ET seperti itu, transparansi lebih baik," paparnya.

3. Erick Thohir copot 7 pejabat Eselon Indonesia Kementerian BUMN

Erick Thohir Bersih-bersih Kementerian BUMN, Ekonom: Itu Tidak PolitisIDN Times/Auriga Agustina

Baru-baru lama ini Erick Thohir telah mencopot tujuh pejabat eselon I Kementerian BUMN. Mereka menjabat sekretaris dan enam orang deputi. Pascapencopotan, ketujuh pejabat ini akan dialihkan menjadi petinggi di perusahaan BUMN. Erick Thohir telah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) pemberhentian eselon I Kementerian BUMN.

Baca Juga: Sapu Bersih Eselon I BUMN, Erick Thohir Ingin Punya Tim yang Kompak

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You