Comscore Tracker

Erick Thohir Umumkan Bos Anyar PLN Senin Ini

Nama Rudiantara pun terus menjadi spekulasi paling santer

Jakarta, IDN Times - Teka-teki siapa yang bakal mengisi posisi Direktur Utama PT PLN (Persero) definitif, bakal segera terjawab. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bakal mengumumkannya pekan depan.  Saat ini, posisi Dirut PLN masih diisi oleh oleh Sripeni Intan Cahyani sebagai Pelaksana tugas. 

"Insyaallah diumumkan Senin (23/12)," ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Sabtu (21/12).

1. Mantan Menkominfo Rudiantara jadi salah satu kandidat

Erick Thohir Umumkan Bos Anyar PLN Senin IniIDN Times/Kevin Handoko

Erick menyebut bahwa mantan Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, sebagai salah satu kandidatnya. Namun, dia meminta semua pihak bersabar sampai Senin pekan depan. 

"Salah satu nominasinya Pak Rudiantara. Dari awal saya konsisten lho. Saya tidak pernah bicara apa-apa. Memang salah satu nominasinya. Senin diumumkan," tegasnya. 

Baca Juga: Rudiantara Jadi Kandidat, Ini Deretan Kasus Timpa Dirut PLN Sebelumnya

2. Rudiantara bukan wajah baru di PLN

Erick Thohir Umumkan Bos Anyar PLN Senin Ini(Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara) IDN Times/Kevin Handoko

Pria kelahiran Bogor 3 Mei 1959 ini pernah menjabat sejumlah jabatan strategis baik di BUMN maupun di perusahaan swasta. Pada 1986, ia menjabat General Manager Business Development di Indosat lalu menjadi Direktur PT Telkomsel pada 1995, dan COO PT Telekomindo Primabhakti pada 1996. Dua tahun kemudian, ia menjadi Komisaris Bank Pos.

Pada 2008, ia menjabat Wakil Direktur Utama PT PLN, sedangkan tiga tahun sebelumnya dia juga menjabat Direktur di PT XL Axiata Tbk. Pada 2012, ia menjadi Komisaris di PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Sekeretaris Jendral dari Asosiasi Telepon Seluler Indonesia (ATSI), sekaligus Komisaris PT Indosat.

Dia juga menjadi Presiden Komisaris PT Rukun Raharja pada 2014. Selama di PLN, ia menjadi terkenal setelah terlibat dalam pencarian pendanaan perusahaan terutama pinjaman untuk proyek pembangkit listrik 10 ribu megawatt.

3. Pencapaian Rudiantara sebagai menteri

Erick Thohir Umumkan Bos Anyar PLN Senin IniIDN Times/Candra Irawan

Selama menjabat sebagai menteri, Rudiantara berhasil menyapu 659 website yang terbukti melakukan penyebaran konten negatif. Termasuk penanganan konten negatif di media sosial. Seperti Facebook 6.123 penanganan, Twitter 3521 penanganan, Telegram 502 penanganan, media online berjumlah 18 penanganan dan Youtube ada 1.530 penanganan.

Pencapaian yang terbaru adalah program satelit Palapa Ring yang kini sudah mencapai 100 persen. Terkait itu, pemerintah sudah membangun infrastruktur BTS di daerah blankspot, akses jaringan internet di kawasan perbatasan yang mencapai 2.787 titik lokasi. Hal itu memungkinkan penyiaran di daerah perbatasan dan internet cepat.

Rudiantara juga dinilai berhasil melakukan penghematan impor sampai dengan 8 juta unit device yang diproduksi oleh produsen dalam negeri berdasarkan aturan penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Rudiantara Ditunjuk Jadi Dirut PLN, Kapan RUPSLB Digelar? 

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya