Comscore Tracker

Gegara Kasus Korupsi Anggaran, Menteri Keuangan Finlandia Mundur

Pengunduran dirinya telah diterima PM Finalndia

Jakarta, IDN Times - Menteri Keuangan Finlandia Katri Kulmuni telah mengundurkan diri menyusul terungkapnya kasus korupsi lebih dari €50.000 (£44.500) uang publik untuk pelatihan media. Sebelumnya, dia menjanjikan bakal mengembalikan uang tersebut. Namun urung terlaksana.

"Saya sampai pada kesimpulan bahwa saya tidak dapat melanjutkan (tugas) sebagai pejabat pemerintahan," katanya kepada wartawan seperti dikutip dari BBC, Sabtu (6/6).

"Sebagai seorang politikus, adalah tugas saya untuk bertanggung jawab," tambahnya.

1. PM Finlandia terima pengunduran diri Kulmuni

Gegara Kasus Korupsi Anggaran, Menteri Keuangan Finlandia Mundur(Ilustrasi) IDN Times/Sukma Shakti

Lewat akun Twitternya, Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin mengatakan bahwa dirinya menerima pengunduran diri Kulmuni. "Saya mendukung keputusan Katri, yang tentu saja merupakan keputusan yang sulit," tulisnya.

Kulmuni merupakan pemimpin dari Partai Tengah sejak September 2019, sebelumnya menjanjikan akan membayar kembali uang itu. Namun, itu belum dilakukannya.

Baca Juga: 7 Alasan Keberhasilan Sistem Pendidikan di Finlandia, Yuk Cari Tahu!

2. Kulmuni merupakan menteri termuda di koalisi pemerintahan

Gegara Kasus Korupsi Anggaran, Menteri Keuangan Finlandia MundurMantan Menteri Keuangan Finlandia Katri Kulmuni. (Twitter Istri Kulmuni)

Kulmuni merupakan menteri senior kedua yang keluar dari koalisi lima partai, setelah mantan PM Antti Rinne hengkang pada Desember. Dengan usia 32 tahun, Kulmuni merupakan menteri termuda di koalisi. Dia salah satu dari lima wanita yang menjadi tokoh utama dalam koalisi tersebut.

3. Kasus korupsi Kulmuni terungkap setelah majalah SK ungkap rincian anggaran

Gegara Kasus Korupsi Anggaran, Menteri Keuangan Finlandia MundurIlustrasi uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Pengunduran diri Kulmuni dilakukan setelah majalah Suomen Kuvalehti (SK) menerbitkan rincian anggatan media dan pelatihan kinerja yang diterima Kulmuni sejak menjadi pemimpin Partai Tengah pada bulan September.

Menurut SK, agen komunikasi Tekir Oy menagih Kementerian Urusan Ekonomi dan Ketenagakerjaan dan Kementerian Keuangan sebesar €56.203 (£ 50.100) yang diperoleh selama kurang lebih enam bulan. Dari jumlah itu, €6.324 diduga dihabiskan pada 3 Desember, hari ketika Rinne mengundurkan diri setelah partainya mengumumkan telah kehilangan kepercayaan padanya.

Baca Juga: Dari Finlandia hingga Indonesia, 7 Hotel Ini Khusus buat Perempuan    

Topic:

  • Hana Adi Perdana
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya