Comscore Tracker

Gegara Virus Corona, Pertemuan IMF-Bank Dunia Digelar secara Virtual

Pertemuan ini diadakan pada pertengahan April mendatang

Jakarta, IDN Times - Wabah virus corona tidak membuat International Monetary Fund (IMF) dan Bank Dunia (World Bank) membatalkan maupun menunda pertemuan musim semi IMF-World Bank 2020. Sebagai solusinya, dua lembaga keuangan internasional itu mengubah format pertemuan menjadi virtual.

“Dengan meningkatnya masalah kesehatan terkait dengan virus (corona), Manajemen IMF dan Anggota Bank Dunia serta Dewan Eksekutif sepakat untuk mengimplementasikan rencana bersama untuk mengadaptasi Pertemuan Musim Semi IMF-Bank Dunia 2020 ke dalam format virtual," kata Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva dan Presiden Bank Dunia David Malpass dalam pernyatan bersama yang dikutip IDN Times dari laman resmi IMF, Rabu (4/3).

1. Alasan IMF dan Bank Dunia tetap gelar pertemuan musim semi

Gegara Virus Corona, Pertemuan IMF-Bank Dunia Digelar secara VirtualIMF

Dalam pernyataan bersama tersebut, IMF dan Bank Dunia turut prihatin dengan situasi yang muncul akibat dampak dari penyebaran wabah virus corona. Dijelaskan juga, IMF dan Bank Dunia tetap menggelar pertemuan yang rencananya bakal diselenggarakan pada 17-19 April itu guna tetap melayani para anggotanya.

"Tujuan kami adalah untuk melayani keanggotaan kami secara efektif sambil memastikan kesehatan dan keselamatan peserta dan staf Rapat Musim Semi," jelas mereka.

Baca Juga: Ancaman Serius Virus Corona, Berbagai Agenda Dunia Dibatalkan

2. Pertemuan musim semi IMF-World Bank 2020 diharapkan dapat secara efektif melibatkan negara-negara anggota dalam isu ekonomi global

Gegara Virus Corona, Pertemuan IMF-Bank Dunia Digelar secara VirtualWorld Bank

IMF dan Bank Dunia menegaskan komitmennya untuk membagikan perkembangan terkini isu-isu ekonomi global. Melalui pertemuan virtual ini juga, kedua lembaga tersebut berharap dapat membuat negara-negara anggotanya terlibat secara efektif terhadap isu perekonomian global saat ini.

“Kami tetap berkomitmen penuh untuk mempertahankan dialog yang produktif dengan para pemangku kepentingan kami dan akan memanfaatkan kapabilitas koneksi TI dan virtual terkait kami sepenuhnya untuk mengadakan konsultasi kebijakan penting kami dengan para anggota. Kami juga akan terus membagikan analisis IMF dan Bank Dunia.

"Dengan format yang disesuaikan ini, kami yakin bahwa negara-negara anggota kami akan dapat secara efektif terlibat dalam isu-isu ekonomi global yang mendesak pada Pertemuan Musim Semi ini," bunyi pernyataan bersama itu.

3. Karena virus corona, IMF pangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia sebesar 0,1 persen

Gegara Virus Corona, Pertemuan IMF-Bank Dunia Digelar secara Virtual(Ilustrasi pertumbuhan ekonomi) IDN Times/Arief Rahmat

Sebelumnya, IMF telah mengatakan tentang potensi kejatuhan ekonomi global akibat terjadinya penyebaran virus corona ke luar Tiongkok. IMF bahkan memangkas proyeksi pertumbuhan global 2020 sebesar 0,1 persen menjadi 3,3 persen.

Karena virus corona, sempat muncul rencana untuk membatalkan pertemuan musim semi IMF-World Bank 2020. Namun, rencana itu urung diwujudkan dan diubah dengan menggunakan metode virtual.

Baca artikel menarik lainnya di IDN App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Bank Dunia dan IMF Ingatkan Jokowi Hati-hati dengan Ekonomi Global

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya