Comscore Tracker

Hijrah dari Premium Demi Manfaat yang Lebih Baik

Mesin motor enak, lingkungan sehat

Jakarta, IDN Times - 'Menghilangnya' Premium dari pasaran akhirnya berhasil mengubah pola konsumsi masyarakat pemilik kendaraan. Konsumen makin sadar pentingnya penggunaan Bahan Bakar Minyak berkualitas, meski mereka harus membayar sedikit lebih mahal.

Anto, 41,  salah satunya. Ia bercerita memilih hijrah dari BBM jenis Premium (RON 88) ke Pertalite (RON 90) dan Pertamax (RON 92). Perpindahan ke jenis Pertamax Series cukup terasa signifikan manfaatnya.

"Saya pakai Pertalite biasanya. Seminggu sekali ganti Pertamax. Mesin jadi lebih enak aja tarikannya," kata Anto kepada IDN Times di Jakarta, Kamis (14/11). 

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Pakai Pertamax Mulai dari Sekarang

1. Lebih hemat

Hijrah dari Premium Demi Manfaat yang Lebih BaikANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Lain halnya pengalaman Vadhia, 22. Dia menilai Pertamax Turbo (RON 98) lebih bagus dalam pembakaran dan lebih hemat dibanding BBM jenis Premium maupun Pertalite. Vadhia sudah lima bulan hijrah ke Pertamax Turbo. 

"Dengan aktivitas saya sih, isi bensin cuma seminggu sekali. Setiap isi full sampai Rp29 ribu. Pas pakai Pertalite kayaknya 3-4 hari sudah harus isi ulang," ungkapnya. 

Meski begitu, gadis asal Padang ini terkadang menggunakan Pertamax yang kualitasnya sedikit di bawah Pertamax. Hal itu lantaran hanya beberapa SPBU Pertamina yang tersedia Pertamax Turbo. Dirinya berharap kedepannya perseroan bisa semakin meningkatkan keberadaan Pertamax Turbo di SPBU. 

"Memang gak semua pom bensin ada (Pertamax Turbo). Kalau lagi aktivitas sih gampang carinya. Tapi kalau di sekitar rumah agak jauh lokasi SPBU yang ada Pertamax Turbo," tuturnya.

2. Terjadi perubahan konsumsi

Hijrah dari Premium Demi Manfaat yang Lebih BaikIDN Times/Maulana

Dikonfirmasi terpisah, VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan,  saat ini mulai terjadi perubahan konsumsi. Hal itu dipicu karena mesin kendaraan saat ini membutuhkan konsumsi BBM dengan kualitas tinggi. 

"Dalam perkembangannya, mesin kendaraan sudah membutuhkan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi atau RON 92. Hal ini tentunya juga berpengaruh terhadap peralihan kebutuhan dan penggunaan BBM untuk kendaraan bermotor," jelas Fajriyah.

3. Keuntungan menggunakan BBM berkualitas tinggi

Hijrah dari Premium Demi Manfaat yang Lebih BaikDok.IDN Times/Istimewa

Fajriyah menambahkan, Pertamina terus berkomitmen menciptakan BBM berkualitas baik. Saat ini, ada empat jenis kualitas BBM dengan kualitas lebih tinggi dibanding jenis Premium. Pertama ada Pertalite dengan RON 90, Pertamax dengan RON 92, Pertamax Turbo dengan RON 98 dan Pertamax Racing dengan RON 100. Tingginya kualitas BBM tersebut bakal membuat mesin dan lingkungan semakin baik. 

"Hal inilah yang membuat sisa pembuangan menjadi lebih ramah lingkungan. Sehingga, penggunaan BBM dengan kualitas lebih tinggi memberikan manfaat untuk pengguna kendaraan, lebih ramah lingkungan dan membantu mengurangi beban negara," kata Fajriyah.

Secara umum, lanjut Fajriyah, konsumsi BBM tertinggi masih di Pulau Jawa dengan persentase 60 persen dari total konsumsi nasional. 

"Sedangkan secara volume, konsumsi Pertamax Series paling tinggi terutama ada di Jabodetabek," dia menambahkan.

Baca Juga: BBM Premium Bakal Hilang, Masyarakat Diarahkan Beli Pertamax atau Pertalite

Topic:

  • Umi Kalsum

Just For You