Comscore Tracker

KAI Gandeng PT INTI, Terapkan Sistem Kontrol Terpusat Kereta

Sistem kontrol terpusat untuk peralatan dan fasilitas kereta

Jakarta, IDN Times - PT KAI bersama PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) tentang Kerja Sama Implementasi Train Control Monitoring System.

Train Control Monitoring System adalah suatu sistem kontrol terpusat untuk peralatan dan fasilitas kereta yang dapat dimonitor secara online dan realtime.

“Nota Kesepahaman ini dimaksudkan sebagai dasar bagi KAI dan PT INTI untuk bekerja sama dalam rangka uji coba implementasi Train Control Monitoring System pada rangkaian kereta api,” kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangan tertulisnya, Senin (27/9/2021).

Baca Juga: Hari Kereta Api Nasional, Begini Sejarah Panjang PT KAI di Indonesia

1. KAI dan PT INTI bakal lakukan pengembangan teknologi sistem kontrol kereta terpusat

KAI Gandeng PT INTI, Terapkan Sistem Kontrol Terpusat KeretaIlustrasi kereta api (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Melalui Nota Kesepahaman ini, kata Didiek, KAI dan PT INTI akan melakukan serangkaian kegiatan untuk pengembangan teknologi Train Control Monitoring System pada kereta penumpang.

KAI dan PT INTI akan melakukan survey sarana, pemasangan perangkat, pengujian, dan kegiatan lainnya dalam rangka implementasi Train Control Monitoring System.

"Kerja sama ini diharapkan akan semakin mempermudah petugas dalam memonitor peralatan dan fasilitas kereta serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan," ucap dia.

Baca Juga: Perkuat Ekosistem Digital, BRI Sinergi dengan Peruri Digital Security 

2. Sinergi BUMN diharapkan dapat mendorong pertumbuhan bisnis perseroan

KAI Gandeng PT INTI, Terapkan Sistem Kontrol Terpusat KeretaLogo baru Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terpasang di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (2/7/2020) (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Sementara itu, Direktur Utama PT INTI Otong Iip mengatakan kolaborasi ini memiliki tujuan untuk mengoptimalkan potensi masing-masing perusahaan, khususnya PT INTI dalam bidang industri berbasis teknologi informasi untuk transportasi.

“Semoga, sinergi BUMN ini akan berkelanjutan dan memberikan efek domino pada pertumbuhan bisnis kedua belah pihak,” ujar Otong Iip.

3. KAI perkuat layanan lewat integrasi antar moda dengan Bluebird

KAI Gandeng PT INTI, Terapkan Sistem Kontrol Terpusat KeretaIDN Times/Galih Persiana

Diberitakan sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) melanjutkan kerja sama dengan PT Bluebird Tbk dalam integrasi antar moda. Keduanya berkolaborasi dengan meluncurkan layanan first mile dan last mile.

Lewat kerja sama ini, masyarakat yang melakukan pemesanan tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access dapat menambahkan layanan taksi Bluebird (pada menu pilihan Layanan) sebelum melakukan pembayaran.

Sebagai informasi, first mile adalah transportasi penjemputan dari lokasi awal ke stasiun keberangkatan. Sementara last mile adalah transportasi dari stasiun kedatangan hingga ke lokasi tujuan.

Baca Juga: Pertamina dan KAI Revitalisasi Jalur Kereta Zaman Belanda

Topic:

  • Hana Adi Perdana
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya