Comscore Tracker

IMS 2020: Suharso Monoarfa, Sosok Tak Asing di Istana Kepresidenan

Simak visinya di Indonesia Millennial Summit 2020

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mendapuk Suharso Monoarfa sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN). Suharso menggantikan menteri sebelumnya, Bambang Brodjonegoro.

Bergabungnya Suharso dalam Kabinet Indonesia Maju semakin menegaskan dirinya sebagai sosok tak asing di Istana Kepresidenan. 

Kerap jadi langganan di lingkaran istana, semakin menegaskan tajinya dalam perpolitikan tanah air. Meski begitu, Suharso dipilih bukan hanya alasan politik saja, namun juga kompetensinya. 

IDN Times merangkum sosok Suharso Monoarfa. Ia merupakan salah satu pembicara dalam Indonesia Millennial Summit 2020.

1. Suharso merupakan putra NTB

IMS 2020: Suharso Monoarfa, Sosok Tak Asing di Istana KepresidenanANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Pria kelahiran Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, 31 Oktober 1954 ini juga merupakan seorang pengusaha. 

Suharso menempuh pendidikan program magister di University of Michigan, Amerika Serikat tahun 1995. Dia juga menempuh program sarjana Fakultas Planologi Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1975. Selain itu, Suharso juga pernah berada di Akademi Geologi dan Pertambangan Bandung di 1973. 

Baca Juga: Menteri Suharso Usulkan Materi Kebencanaan Masuk Kurikulum Pendidikan

2 . Suharso sosok tak asing di Istana Kepresidenan sejak era Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri

IMS 2020: Suharso Monoarfa, Sosok Tak Asing di Istana KepresidenanMenteri Bappenas Suharso Monoarfa memberikan keterangan pers, di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin 18 November 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Di era Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri, Suharso adalah staf khusus Wakil Presiden Hamzah Haz.  Tidak heran Suharso menjadi sosok tak asing di Istana Kepresidenan. Suharso tercatat menjadi Anggota DPR pada periode 2004-2009. 

Usai tak lagi menjadi wakil rakyat, Suharso kemudian menjabat sebagai Menteri Perumahan Rakyat Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2009-2011. 

Di era Presiden Jokowi, dia didapuk menjadi Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres). Kini, dia mengemban tugas sebagai Menteri PPN. 

3. Karier Suharso sebagai pengusaha

IMS 2020: Suharso Monoarfa, Sosok Tak Asing di Istana KepresidenanIDN Times/ Lia Hutasoit

Pada 1995-1998, Suharso menjadi Direktur PT Bukaka Sembawang Systems. Pada 1996-2000, dia juga menjadi Komisaris PT. Batavindo Kridanusa. Suharso juga menjadi Komisaris Utama PT Agro Utama Global di 1999-2002.

Setelah menjadi komisaris di perusahaan tersebut, Suharso melanjutkan kariernya di perpolitikan tanah air.

4. IDN Times menggelar Indonesia Millennial Summit 2020

IMS 2020: Suharso Monoarfa, Sosok Tak Asing di Istana KepresidenanInstagram.com/indonesia.millennial.summit

Acara dengan tema "Shaping Indonesia's Future" ini berlangsung pada 17-18 Januari 2020 di The Tribrata, Dharmawangsa, Jakarta.

IMS 2020 menghadirkan lebih dari 60 pembicara kompeten di berbagai bidang, dari politik, ekonomi, bisnis, olahraga, budaya, lintas agama, sosial, lingkungan sampai kepemimpinan millennial.

Ajang millennial terbesar di Tanah Air ini dihadiri oleh lebih dari 5.000 pengunjung. Dalam IMS 2020, IDN Times juga meluncurkan Indonesia Millennial Report 2020 yang melibatkan 5.500 responden di 11 kota di Indonesia. Survei yang dilakukan oleh IDN Research Institute bersama Nielsen bertujuan untuk memahami perilaku sekaligus menepis mitos stereotip di kalangan millennial.

Simak hasilnya di IMS 2020 dan ikuti perkembangannya di IDN Times.

 

Baca Juga: Bahas Ibu Kota Baru dengan Jokowi, Suharso Calon Menteri Bappenas?

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Umi Kalsum
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya