Comscore Tracker

Isu Miring Seleksi Karyawan dan Pelecehan, Ini Sikap Serikat Garuda

Serikat berkomitmen menjaga operasional tetap baik

Jakarta, IDN Times - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, dalam beberapa waktu belakangan terus diterpa isu miring. Mulai dari kasus pelecehan seksual, hingga permainan dalam seleksi karyawan Garuda.

Kian panasnya isu yang menerpa Garuda bermula saat mantan Direktur Utama Garuda Ari Askhara yang ketahuan menyelundupkan Harley Davidson dan sepeda Brompton di pesawat Garuda jenis Airbus A330-900 Neo.

Pengurus Asosiasi Pilot Garuda, Capt. Edward Hutabarat menyampaikan sikap Sekretariat Bersama (Sekber) Serikat Karyawan Garuda Indonesia. Serikat ini terdiri dari APG, Serikat Karyawan Garuda Indonesia (Sekarga), dan Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (IKAGI). 

"Menyikapi pemberitaan yang beredar terkait dengan PT Garuda Indonesia dan dalam rangka menyambut natal dan tahun baru, kami Sekber akan menyampaikan beberapa hal," ujarnya dalam konferensi pers di Restoran Pulau Dua, Jakarta, Kamis (12/12).

1. Sekber berkomitmen untuk menjaga solidaritas internal Garuda

Isu Miring Seleksi Karyawan dan Pelecehan, Ini Sikap Serikat Garudailustrasi pesawat Garuda (IDN Times/Mela Hapsari)

Edward menyampaikan bahwa Sekber dengan ini menyampaikan sekaligus mengajak seluruh karyawan Garuda untuk menjaga solidaritas di tubuh internal perseroan. Dia meminta agar semua karyawan bisa menyamakan hati dan pikiran demi keberlangsungan Garuda. 

"Agar menghilangkan semua perbedaan, silang pendapat, dan menghentikan semua perdebatan yang tidak perlu, serta menyerahkan semua proses kepada aparat penegak hukum dan pemerintah selaku pemegang saham," tuturnya.

Baca Juga: Susunan Direksi Terbaru Garuda Indonesia Usai Kasus Harley Davidson

2. Sekber dukung pemilihan direksi sementara oleh Kementerian BUMN dan Dewan Komisaris

Isu Miring Seleksi Karyawan dan Pelecehan, Ini Sikap Serikat GarudaDewan Komisaris Garuda serahkan SK pengangkatan Fuad Rizal jadi Plt Dirut Garuda (Dok istimewa)

Selain itu, lanjut Edward, Sekber juga mendukung direksi sementara yang sudah dipilih oleh Kementerian BUMN selaku pemegang saham. Pihaknya juga mendukung terselenggaranya Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang akan digelar di pada Januari 2020. 

"Sekber mendukung manajemen Garuda yang sudah ditunjuk pemerintah dan mempersiapkan RUPS Januari mendatang, " tegasnya.

3. Sekber pastikan operasional Garuda tetap berjalan lancar dan memberikan pelayanan maksimal

Isu Miring Seleksi Karyawan dan Pelecehan, Ini Sikap Serikat GarudaEconomy Class Pesawat Garuda Airbus A330-900neo (IDN Times/Kevin Handoko)

Terakhir, Edward memastikan bahwa seluruh karyawan Garuda bakal tetap memberi pelayanan optimal dan menjaga operasional dengan tetap mengutamakan keselamatan penerbangan. 

"Sekber berterima kasih kepada semua pihak yang terus memberikan dukungan dan selalu setia menggunakan layanan Garuda," ujarnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Pramugari Garuda Indonesia Bongkar Skandal Ari Askhara Selama Memimpin

Topic:

  • Umi Kalsum

Just For You