Comscore Tracker

Jadi Tuan Rumah World Economic Forum, RI Undang Investor Kelas Kakap

Acara bakal diselenggarakan di Jakarta

Jakarta, IDN Times - Indonesia bakal menjadi tuan rumah Indo-Pacific World Economic Forum (WEF) 2020. Acara ini rencananya akan digelar pada 7-9 Juli 2020. 

"Itu nanti pelaksanaannya 7-9 Juli. Nanti ada 35 negara dan ada kira-kira 700 CEO, kemudian ada 1100an peserta," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan Maritim di kantornya, Jakarta, Senin (10/2). 

1. Indonesia bakal undang investor kelas kakap ke Indo-Pacific WEF

Jadi Tuan Rumah World Economic Forum, RI Undang Investor Kelas KakapJack Ma ( ANTARA FOTO/INASGOC/Wahyudin)

Luhut mengungkapkan, pemerintah akan mengundang investor-investor kelas kakap ke Indo-Pacific WEF. Sebut saja pendiri perusahaan teknologi Alibaba, Jack Ma hingga konglomerat asal Australia Andrew Forest. Kehadiran mereka diharapkan dapat menghasilkan komitmen investasi. 

"Banyak sekali nanti kita tahu. Misalnya tokoh-tokoh seperti Andrew Forest, Jack Ma, Masayoshi Son (pendiri Softbank), yang kaya-kaya itu kita list kita undangin untuk hadir," ungkap Luhut.

Baca Juga: Airlangga Pamer Program Pemerintah di World Economic Forum 2020

2. Pemerintah mau tawarkan investasi di beberapa sektor, salah satunya energi

Jadi Tuan Rumah World Economic Forum, RI Undang Investor Kelas KakapIlustrasi investasi (IDN Times/Mia Amalia)

Luhut menambahkan, pemerintah berencana untuk menawarkan investasi di sektor energi dalam penyelenggaraan Indo-Pacific WEF 2020. Selain itu, investasi di sektor lainnya juga akan ditawarkan. 

"Kan akan context study dalam rangka investasi juga ya. Kita akan mempromosikan success story kita juga. Misalnya kita tawarkan tur di Morowali, liat di Vale mungkin, lalu di (proyek) Pertamina," tutur dia. 

3. Indo-Pacific WEF juga bakal bahas perkembangan dan pembangunan infrastruktur

Jadi Tuan Rumah World Economic Forum, RI Undang Investor Kelas KakapWakil Menteri Luar Negeri, Mahendra Siregar. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Di tempat yang sama, Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Mahendra Siregar mengatakan, forum Indo-Pacific WEF 2020 juga bakal membahas perkembangan dan pembangunan infrastruktur di Indo-Pasifik. Dia berharap, antarnegara Indo-Pasifik bisa meningkatkan kerja sama dalam pembangunan infrastruktur konektivitas. 

"Fokusnya kepada perkembangan dan tentu pembangunan infrastruktur dan konektivitas di Indo-Pacifik. Nah tapi sekarang kita sudah dapat suatu kesempatan untuk melihat ini sebagai konteks yang lebih operasional pembangunan infrastruktur," ujarnya.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App. Unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Singapura Mendominasi Investasi di RI, Tiongkok Kalahkan Jepang

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya