Comscore Tracker

Jokowi Calonkan Mantan Menteri SBY Jadi Wakil RI di Bank Dunia

Wakil RI di lembaga internasional masih sangat jarang

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mencalonkan Marie Elka Pangestu sebagai pimpinan di World Bank atau Bank Dunia. Pencalonan Marie diharapkan sukses. Hal itu diungkapkan oleh Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di kantornya, Jumat (11/10).

"Presiden (Jokowi) mau mencalonkan Ibu Marie Pangestu untuk menjadi wakil Indonesia di World Bank. Dan sekarang sedang diproses kita doakan mungkin dalam waktu beberapa dekat ini akan ada pengumuman mengenai itu," ujarnya.

1. Marie Elka Pangestu penuhi kualifikasi Bank Dunia

Jokowi Calonkan Mantan Menteri SBY Jadi Wakil RI di Bank DuniaWorld Bank

Luhut mengungkapkan bila mantan menteri era Presiden ke-6 SBY ini sudah memenuhi kualifikasi dari Bank Dunia. Dirinya telah berbicara dengan pimpinan Bank Dunia agar calon dari Indonesia bisa menjadi wakil di lembaga keuangan internasional tersebut.

"Kita mendorong dan saya juga bicara dengan kepala Bank Dunia, atas perintah presiden, untuk supaya calon kita goal," ungkap dia.

Baca Juga: 7 Ramalan Bank Dunia Terhadap Perekonomian Indonesia

2. Presiden mau meyakinkan Bank Dunia

Jokowi Calonkan Mantan Menteri SBY Jadi Wakil RI di Bank DuniaDok.IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Mantan Menko Polhukam ini mengatakan bahwa Presiden Jokowi berencana untuk menghubungi langsung Bank Dunia untuk meyakinkan calonnya. Selama ini, wakil Indonesia di lembaga internasional masih sangat jarang.

"Ke depan presiden mengatakan demikian, kalau perlu presiden akan menelepon sendiri kepada organisasi itu untuk mengkonsider calon Indonesia masuk," jelas dia.

"Karena sekarang orang Indonesia di lambaga internasional itu masih belum ada di level atas, kalau pun ada jumlahnya sangat terbatas. Jadi di level eselon dua pun sangat terbatas," tambah Luhut.

3. Profil singkat Marie Elka Pangestu

Jokowi Calonkan Mantan Menteri SBY Jadi Wakil RI di Bank DuniaIDN Times/Indiana Malia

Perempuan kelahiran Jakarta, 23 Oktober 1956 ini merupakan mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia sejak Oktober 2011. Sebelumnya, Marie menjabat sebagai Menteri Perdagangan Indonesia periode 2004-2011. Dia adalah perempuan Tionghoa-Indonesia pertama yang memegang jabatan sebagai menteri di Indonesia.

Marie Pangestu adalah putri dari J. Panglaykim. Marie mengenyam pendidikan di Australian National University di mana beliau mendapatkan gelar Bachelor dan Master of Economics. pada tahun 1986 Mari melanjutkan studinya ke Universitas California. Di sana dia memperoleh gelar Ph.D. dalam bidang Perdagangan Internasional, Keuangan, dan Ekonomi Moneter.

Marie juga dikenal aktif dalam forum perdagangan seperti PECC dan CSIS. Selain itu, Marie juga pernah menjadi pengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Baca Juga: Indonesia Berpeluang Masuk 10 Besar Pemegang Saham Pengendali Bank Dunia IMF

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You