Comscore Tracker

Larangan Mudik Berlaku, Tol Layang Japek Ditutup 24 April

Penutupan tol layang Jakarta Cikampek akan dilakukan Jumat

Jakarta, IDN Times - Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated alias Tol Layang Japek rencananya akan ditutup pada Jumat (24/4) pukul 00.00 WIB. Hal itu dilakukan sebagai tindak lanjut larangan mudik yang telah diumumkan Presiden Jokowi. 

"Menindaklanjuti surat dari Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia tanggal 23 April 2020, perihal Permohonan Penutupan Tol Layang Elevated, saat ini kami sedang melaporkan rencana penutupan, kepada Kementerian PUPR, yang berwenang untuk memberlakukan penutupan jalan tol," kata Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru dalam keterangan tertulisnya, Kamis (24/4).

1. Jalan tol biasa akan tetap beroperasi namun dilakukan penyekatan di sejumlah titik

Larangan Mudik Berlaku, Tol Layang Japek Ditutup 24 AprilJalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (IDN Times/Dwi Agustiar)

Sementara itu, jalan Tol Jakarta-Cikampek (jalur bawah) akan tetap beroperasi, namun diberlakukan beberapa titik penyekatan. Langkah tersebut dilakukan untuk memastikan kendaraan yang melintas sesuai dengan peraturan pemerintah. 

"Jasa Marga siap mendukung Kementerian Perhubungan dan Kepolisian, dalam rangka memastikan kendaraan yang lewat, sesuai dengan aturan yang ditetapkan pemerintah," tutur Heru. 

Baca Juga: 44 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek Sebelum Mudik Dilarang

2. Jasa Marga akan lakukan sosialisasi

Larangan Mudik Berlaku, Tol Layang Japek Ditutup 24 AprilIlustrasi Hindari Mudik (IDN Times

Penutupan Jalan Tol Jakarta-Cikampek Elevated ini juga akan disosialisasikan Jasa Marga melalui VMS yang ada di Jalan Tol Jabotabek serta di akun media sosial perseroan. Pihaknya mengimbau seluruh pengguna jalan tol kendaraan pribadi agar menaati peraturan yang ditetapkan Pemerintah terkait pelarangan mudik ini. 

"Kami himbau agar beraktivitas di rumah saja, untuk menekan penyebaran COVID-19," tegasnya.

3. Presiden Jokowi larang mudik seluruh masyarakat Indonesia

Larangan Mudik Berlaku, Tol Layang Japek Ditutup 24 AprilDok. Biro Pers Kepresidenan

Presiden Joko “Jokowi” Widodo akhirnya memutuskan melarang seluruh masyarakat Indonesia tidak melakukan mudik saat Lebaran tahun ini. Keputusan itu diambil ketika Jokowi menggelar rapat terbatas mengenai aturan mudik di tengah pandemik virus corona atau COVID-19.

“Pada rapat hari ini saya ingin menyampaikan juga, mudik semuanya akan kita larang,” kata Jokowi yang disiarkan langsung melalui channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (21/4).

Atas keputusan tersebut, ia meminta para menteri untuk mempersiapkan semua terkait dengan larangan mudik itu.

Baca Juga: Najwa Sebut Jutaan Orang Sudah Mudik, Jokowi: Beda, Itu Pulang Kampung

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya