Comscore Tracker

Lion Air Penuhi Janjinya Turunkan Tarif Tiket Pesawat

Tiket murah sudah tersedia untuk penerbangan Kamis (25/7)

Jakarta, IDN Times - Lion Air Group memenuhi janjinya untuk menurunkan tarif tiket pesawat murah. Langkah ini dilakukan setelah perusahaan menunda penurunan tarif sejak dua pekan lalu lantaran perlu penyesuaian sistem.

Maskapai tersebut bakal menyediakan 30 persen dari total kursi yang disediakan dengan harga 50 persen dari tarif batas atas. Tiket murah tersebut bakal tersedia setiap Selasa, Kamis, dan Sabtu pada pukul 10.00 - 14.00.

Maskapai Citilink sepakat menurunkan tarif tiket pesawat di 62 penerbangannya sedangkan Lion Air setuju menurunkannya di 146 penerbangan per harinya. 

Seperti apa detail penurunan tarif tiket?

1. Penurunan harga diberlakukan pada rute favorit

Lion Air Penuhi Janjinya Turunkan Tarif Tiket PesawatIDN Times/Hana Adi Perdana

Berdasarkan pantauan IDN Times di agen perjalanan online, penurunan sudah terjadi untuk tiket dengan jadwal penerbangan Kamis (25/7) besok. Salah satunya rute Jakarta-Denpasar yang dijual dengan harga Rp738 ribu untuk penerbangan pukul 11.25 WIB.  Penurunan tiket juga terjadi untuk rute Jakarta-Kualanamu (Medan) seharga Rp911 ribu untuk penerbangan pukul 10.50 WIB. 

Baca Juga: Tiket Pesawat Masih Mahal, Lion Air Minta Waktu hingga Pekan Depan

2. Lion Air belum beri pernyataan resmi

Lion Air Penuhi Janjinya Turunkan Tarif Tiket PesawatIDN Times/Hana Adi Perdana

Meski telah terjadi penurunan, namun pihak Lion Air belum memberikan pernyataan resmi mereka. IDN Times sudah mencoba mengonfirmasi hal tersebut tapi belum ada jawaban dari pihak Lion. Sebelumnya, pemilik Lion Air Group Rusdi Kirana, pada Senin (22/7), telah menyatakan bakal terjadi penurunan pada pekan ini.

3. Wacana penerapan diskon 24 jam 7 hari

Lion Air Penuhi Janjinya Turunkan Tarif Tiket PesawatIDN Times/ Helmi Shemi

Sebelumnya, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian bersama kementerian terkait dan para pemangku kepentingan melakukan rapat koordinasi terkait evaluasi harga tiket pesawat, Selasa (22/7).  Sejumlah poin penting dibahas dalam pertemuan tersebut.

Salah satu yang menarik adalah munculnya wacana untuk memberikan diskon 50 persen dengan alokasi 30 persen full 24 jam dalam 7 hari. Saat ini, kebijakan diskon tiket hanya berlaku pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu saja. Selain itu, jam diskon juga dibatasi hanya dari jam 10.00 sampai 14.00.

"Rencananya kan untuk sementara ini Selasa, Kamis , dan Sabtu yang  jam 10.00 - 02.00, nah rapatnya bagaimana dibuat itu bagaimana dibuat Senin sampai Minggu kemudian dari pagi sampai pagi," kata pemilik Lion Air Group Rusdi Kirana.

Baca Juga: Sempat Ingkar, Lion Air Berjanji Lagi Turunkan Harga Tiket Pekan Ini

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya