Comscore Tracker

Masa Jabatan 3 Dewan Pengawas LPI Berbeda, Ini Penjelasan Sri Mulyani

Nama 3 anggota dewan pengawas SWF disetujui DPR pekan lalu

Jakarta, IDN Times - Tiga nama calon Dewan Pengawas Sovereign Wealth Fund (SWF) Indonesia atau Lembaga Pengelola Investasi (LPI) dari kalangan profesional telah diumumkan dan disetujui DPR RI. Mereka adalah Darwin Cyril Noerhadi, Yozua Makes, dan Haryanto Sahari.

Ke depannya, mereka akan bekerja sama dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN Erick Thohir yang merupakan dewan pengawas dari kalangan pemerintah.

Baca Juga: Ini 3 Nama Dewan Pengawas Lembaga Pengelola Investasi RI

1. Punya masa jabatan yang berbeda-beda

Masa Jabatan 3 Dewan Pengawas LPI Berbeda, Ini Penjelasan Sri MulyaniIDN Times/Mia Amalia

Dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR, Senin (21/1/2021), Sri Mulyani mengungkapkan bahwa pemerintah telah menetapkan masa jabatan dewan pengawss LPI, khususnya dari kalangan profesional.

"Dewas ini tidak semua mendapatkan assignment dalam jangka waktu yang sama. Ada Dewas profesional yang penugasan lima tahun, empat tahun dan tiga tahun," kata dia.

Darwin Cyril misalnya, akan menjabat selama lima tahun. Lalu Yozua Makes menjabat selama empat tahun, sedangkan Haryanto Sahari menjabat selama tiga tahun.

2. Perbedaan masa jabatan agar pergantian jabatan tidak dilakukan secara bersamaan

Masa Jabatan 3 Dewan Pengawas LPI Berbeda, Ini Penjelasan Sri MulyaniANTARA FOTO/ICom/AM IMF-WBG/Jefri Tarigan

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menjelaskan, perbedaan masa jabatan dewan pengawas LPI dilakukan untuk menghindari pergantian jabatan dalam satu waktu. Sistem tersebut sama seperti Bank Indonesia.

"Sehingga nanti kalau ada perubahan dewas (dewan pengawas) tidak dilakukan secara tiap tahun bersama-bersama semua diganti," jelas dia.

3. Keponakan Luhut kandidat kuat calon pimpinan LPI

Masa Jabatan 3 Dewan Pengawas LPI Berbeda, Ini Penjelasan Sri MulyaniPandu Patria Sjahrir (Website/tobabara.com)

Diberitakan sebelumnya, pemerintah rencananya akan mengumumkan nama calon pengisi jabatan pimpinan lembaga pengelola dana investasi, Indonesia Investment Authority (INA)/LPI atau Sovereign Wealth Fund (SWF), pada bulan ini.

Mengutip Bloomberg, ada sejumlah nama yang digadang-gadang sebagai kandidat pimpinan SWF, di antaranya mantan Direktur Keuangan Produsen Energi PT Pertamina Arief Budiman, Direktur Utama PT Indika Energy Arsjad Rasjid, dan Direktur Utama PT CEO PT Bank CIMB Niaga Tigor Siahaan.

Selain itu, ada nama Presiden Direktur PT Credit Suisse Sekuritas Indonesia Rizal Gozali, dan kandidat kuat yang menjadi sorotan adalah Pandu Sjahrir dari Indies Capital Partners Pte yang merupakan keponakan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan.

Baca Juga: Keponakan Menteri Luhut Kandidat Kuat Calon Pimpinan SWF Indonesia 

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya