Hore! Pelanggan Bisa Tuntut PLN Hingga 3 Kali Lipat

Saat ini aturannya masih dibahas

Jakarta, IDN Times - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ingin menjamin masyarakat dalam pemenuhan energi khususnya dalam kelistrikan. Oleh karena itu, Kementerian ESDM bakal merevisi Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Nomor 27 Tahun 2017 yang mengatur kompensasi listrik padam. 

Beleid itu menjadi spesial lantaran masyarakat menjadi lebih terjamin. Sebab, ada klausul yang memastikan pelanggan mendapat ganti rugi lebih besar jika terjadi pemadaman listrik. 

Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN) Djoko Siswanto mengatakan, pelanggan yang mengalami pemadaman selama satu jam maka bisa menuntut kompensasi sebesar 100 persen. Selanjutnya kompensasi ini bisa meningkat hingga 300 persen. Saat ini, rencana itu masih dalam tahap pembahasan.

"Jadi ada tiga tahap, minimum mati satu jam dia 100 persen. Misalnya dia bayar listrik bulan ini berapa Rp1 juta ya gantinya Rp1 juta. Kalau interval mati sekian sampai sekian, Rp2 juta. Angkanya belum kita putuskan, sedang dibahas internal, jadi interval selanjutnya 3 kali lipat," ujarnya dalam konferensi pers di Ombudsman Jakarta, Kamis (8/8).

Baca Juga: Listrik Normal, Begini Penjelasan PLN Soal Kompensasi ke Konsumen

1. Masyarakat bisa nikmati listrik gratis

Hore! Pelanggan Bisa Tuntut PLN Hingga 3 Kali LipatIDN Times/Dhana Kencana

Dengan aturan itu, artinya masyarakat bisa menikmati listrik gratis. Semakin lama pelanggan mengalami mati listrik, semakin besar kompensasi yang diterima pelanggan. 

"Dia sebulan bayar Rp1 juta, bulan berikutnya free, kalau 200 persen, 2 bulan berikutnya free. Sekian lama matinya ya tiga bulan free," tambahnya.

2. Kesepakatan kompensasi

Hore! Pelanggan Bisa Tuntut PLN Hingga 3 Kali LipatIDN Times/Rangga Erfizal

Untuk sementara waktu, kata Djoko, saat ini baru disepakati besaran kompensasi untuk jangka waktu satu jam, yakni penggantian sebesar 100 persen. Sementara itu untuk kompensasi lainnya masih dalam pembahasan.

"Sementara 1 jam kena 100 persen. Satu jam mati nggak dapat (sekarang), bulan depan free," ujarnya.

3. Diharapkan peningkatan pelayanan PLN

Hore! Pelanggan Bisa Tuntut PLN Hingga 3 Kali LipatIDN Times/Helmi Shemi

Dengan langkah ini, Djoko berharap kualitas pelayanan PLN bisa semakin baik. Apalagi, kebutuhan akan energi juga terus meningkat.

"Makanya karena gede, supaya PLN ke depan memperbaiki pelayanannya supaya tidak kena denda gede. Kalau ringan diam-diam aja, tenang, dendanya ringan," ujarnya.

Baca Juga: PLN Kucurkan Rp865 Miliar Ganti Kerugian Pelanggan Korban Pemadaman

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya