Comscore Tracker

Ngeng! Para Menteri Jokowi Jajal Motor Listrik di Lapangan Monas

Mereka melakukan konvoi di jalanan Jakarta

Jakarta, IDN Times - Dalam rangka pameran mobil dan motor listrik di Lapangan Monas, Jakarta, sejumlah menteri kabinet kerja Jokowi-JK hari ini menjajal motor listrik. Mereka juga melihat-lihat mobil listrik yang dipamerkan dalam acara tersebut.

Ada pun menteri dan pejabat yang hadir dalam acara tersebut yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir. 

1. Pemerintah komitmen kembangkan kendaraan ramah lingkungan

Ngeng! Para Menteri Jokowi Jajal Motor Listrik di Lapangan MonasIDN Times/Hana Adi Perdana

Menhub Budi mengatakan, sosialisasi kendaraan listrik merupakan langkah awal pemerintah usai terbitnya Peraturan Pemerintah (Perpres) 55 Tahun 2019 Tentang percepatan program kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan. Pemerintah juga berkomitmen menciptakan kendaraan ramah lingkungan. 

"Bagaimana PP 55 bisa diterima baik oleh masyarakat, stakeholder dan bapak Presiden minta ini dijalankan untuk kendaraan umum pada khususnya. Kami sering berdiskusi dengan Pak Menperin, Menristekdikti, bagaimana upaya sebagai produk ramah lingkungan. Hal ini bisa kita upayakan dalam menyelesaikan pencemaran lingkungan. Jakarta dengan polusi yang relatif tinggi harus kira selesaikan segera," jelas dia.

Baca Juga: Hadir di GIIAS 2019, ECGO 2 Jadi Motor Listrik Termurah

2. Geser pemanfaatan energi fosil

Ngeng! Para Menteri Jokowi Jajal Motor Listrik di Lapangan MonasIDN Times/Hana Adi Perdana

Selain itu, Menhub Budi mengatakan bahwa kendaraan listrik ini bakal perlahan-lahan menggantikan peran energi fosil pada kendaraan konvensional. 

"Apa yang kita lakukan saat ini, kendaraan bermotor adalah fosil terus kita ubah dengan kendaraan berbasis listrik ini," kata dia. 

Senada, Menko Luhut juga ingin mendorong penggunaan energi ramah lingkungan. Harapannya, kondisi udara di Jakarta dan wilayah lainnya bisa membaik. 

"Polusi di jakarta 70 persen. Ini karena energi fosil. Dengan ada kendaraan listrik ini diharapkan 2-3 tahun bisa terasa dampaknya," tambah dia.

3. Lakukan konvoi di jalanan Jakarta

Ngeng! Para Menteri Jokowi Jajal Motor Listrik di Lapangan MonasIDN Times/Hana Adi Perdana

Para menteri kabinet kerja tersebut langsung melakukan konvoi di jalanan Jakarta. Konvoi dilakukan dari Lapangan Monas menuju Bundaran HI dan kembali lagi ke Lapangan Monas.

Para menteri kabinet kerja menggunakan motor listrik merek Gesits. Mereka ditemani oleh masyarakat dan pejabat lainnya yang juga menggunakan kendaraan listrik.

Baca Juga: Uji Coba Motor Listrik, Pemerintah Sewakan Rp2 Juta per Bulan

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya