Comscore Tracker

Pelonggaran PSBB Bikin Jumlah Wisman Naik tapi Masih Jauh dari Normal

Semoga pariwisata cepat pulih

Jakarta, IDN Times - Pemerintah telah melakukan pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kebijakan ini dilakukan guna memulihkan ekonomi dengan tetap memperhatikan kondisi kesehatan masyarakat.

Keputusan tersebut membuahkan hasil. Salah satunya peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di sejumlah bandara di Indonesia.

1. Pergerakan wisman di Bandara Soekarno-Hatta meningkat

Pelonggaran PSBB Bikin Jumlah Wisman Naik tapi Masih Jauh dari NormalSuasana T3 Bandara Udara Soekarno-Hatta (IDN Times/Ernia Karina)

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan bahwa terjadi peningkatan wisman di Bandara Soetta. Data BPS mencatat terjadi kunjungan wisman dari Mei ke Juni yang naik 130,13 persen.

"Menunjukkan bahwa ada relaksasi PSBB jumlah wisman berdatangan tapi posisi masih jauh dari posisi normal. Kalau Juni 2019 lalu lewat soetta 190 ribu, sekarang ini baru 9.100," ujarnya dalam video conference, Senin (3/8/2020).

Baca Juga: Pengakuan Irfan Setiaputra: Garuda Tak Ahli 'Impor' Wisman 

2. Turis asal Timor Leste mendominasi kunjungan ke Indonesia

Pelonggaran PSBB Bikin Jumlah Wisman Naik tapi Masih Jauh dari NormalIDN Times/Reynaldy Wiranata

Berdasarkan negaranya, kunjungan wisman asal Timor Leste mendominasi sebesar 51,5 persen. Selanjutnya ada turis dari Malaysia sebesar 39,2 persen dan Tiongkok hanya 1,3 persen. Susah 8,1 persen berasal dari beberapa negara lain.

"Ada pergerakan tapi posisi jauh dari normal. Perlu upaya keras untuk menarik wisman. Kunci penting adalah COVID-19 berlalu dan protokol kesehatan dijalankan dengan baik," imbuh dia.

3. Hingga Juni 2020 total kunjungan wisman ke Indonesia capai 3,09 juta

Pelonggaran PSBB Bikin Jumlah Wisman Naik tapi Masih Jauh dari NormalFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Reynaldy Wiranata)

Secara kumulatif, Januari–Juni 2020, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia mencapai 3,09 juta kunjungan atau turun 59,96 persen dibanding jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama tahun sebelumnya yang berjumlah 7,72 juta kunjungan.

Jumlah kunjungan wisman ini terdiri atas wisman yang berkunjung melalui pintu masuk udara sebanyak 1,60 juta kunjungan, pintu masuk laut sebanyak 746,02 ribu kunjungan,dan pintu masuk darat sebanyak 741,33 ribu kunjungan.

Baca Juga: Anjlok 88 Persen, Jumlah Wisman Cuma 160 Ribu di Juni 2020

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya