Comscore Tracker

Pesan Bos Indofood: Tetap Positif di Tengah Wabah Virus Corona

Pentingnya berpikir positif di saat seperti ini

Jakarta, IDN Times - Wabah virus corona memunculkan kekhawatiran di mana-mana. Banyak masyarakat yang panik akibat penyebarannya kian meningkat.  Di sisi lain, kondisi itu memunculkan kekhawatiran akan nasib mereka ke depannya, mulai dari pekerjaan, pemenuhan hidup, sampai keluarga dan orang-orang di sekitarnya.

Meski begitu, kekhawatiran berlebih tersebut tidak bisa terus-menerus dimunculkan. Menurut Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood), Axton Salim, berpikir positif bisa menjadi hal penting yang bisa dilakukan di tengah pandemi virus corona. Kuncinya adalah orang-orang yang ada di lingkaran kehidupan kita sendiri.

"Menurut saya salah satu pengaruh terbesar yang kita miliki adalah di dalam lingkaran kita sendiri: teman-teman, orang-orang yang kita cintai, serta keluarga. Dan sudah menjadi sifat manusia untuk dapat melindungi orang-orang yang tersayang di sekitar kita tersebut. Itu benar-benar membuat saya berpikir, bagaimana kita benar-benar bisa melewati ini," tulis Axton seperti dikutip IDN Times dari blog pribadinya, greatmind.id, Selasa (31/3).

Tidak hanya itu, Axton juga menyampaikan tiga pesan penting yang bisa membuat kamu tetap semangat dan positif saat wabah ini masih terus menghantui keseharian kita, yuk simak.

1. Periksa kondisi teman atau keluarga anda

Pesan Bos Indofood: Tetap Positif di Tengah Wabah Virus CoronaAxton Salim Instagram/@axtonsalim

Baca Juga: IMS 2020: Yuk Kenalan Sama Bos Indofood Axton Salim

Dalam situasi seperti sekarang ini, menjadi positif untuk orang lain juga penting. Tidak ada salahnya untuk memberi perhatian kecil kepada teman-teman di sekitar kita. Cobalah menjadi teman ngobrol yang baik dan tidak menimbulkan kekhawatiran berlebih di saat krisis seperti ini.

"Gadgetmu bukan hanya untuk memposting foto, tetapi bisa jadi alat yang hebat untuk meyakinkan bahwa kita tidak sendirian. Jangan lupa untuk mengingatkan satu sama lain untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Jangan ragu untuk menjangkau aplikasi konseling online yang tersedia jika kita membutuhkannya," kata Axton.

2. Jangan terlalu sering mencerna informasi negatif, coba perbanyak fokus pada berita-berita positif yang bisa membangkitkan semangatmu

Pesan Bos Indofood: Tetap Positif di Tengah Wabah Virus CoronaAxton Salim Instagram/@axtonsalim

Rasanya sulit untuk terhindar dari berita-berita maupun informasi negatif terkait virus corona yang beredar di media sosial. Tapi tidak ada salahnya untuk lebih banyak fokus pada berita-berita positif terkait wabah ini, seperti pasien-pasien yang mampu sembuh dari virus corona hingga solidaritas masyarakat dalam membantu penanganan dan pencegahan wabah ini. Kisah-kisah inspiratif dari para pejuang sosial itu tentu bisa memberi manfaat yang lebih besar bila kita bisa menyebarkannya ke orang lain.

"Hal-hal positif ini membantu kita membingkai ulang cara pandang kita terhadap situasi. That after all it is going to be alright," tutur dia.

Axton mengambil kutipan dari Fred Rogers yang berbunyi “When I was a boy and I would see scary things in the news, my mother would say to me ‘Look for the helpers. You will always find people who are helping.”. Kutipan itu berisi pesan bahwa akan selalu ada orang-orang yang siap membantu kita.

"Akan selalu ada orang-orang yang akan berbuat baik di saat-saat krisis, mereka yang akan dapat membuat kita tetap waras, dan orang-orang yang akan mengembalikan kepercayaan kita pada kemanusiaan. Mereka adalah orang-orang yang memampukan kita melihat cahaya di ujung terowongan," tambah Axton.

3. Pentingnya selalu bersikap baik terhadap satu sama lain

Pesan Bos Indofood: Tetap Positif di Tengah Wabah Virus CoronaIDN Times/Kevin Handoko

Terakhir, Axton mengingatkan pentingnya untuk bersikap baik terhadap satu sama lain. Menurut dia, amarah, maupun sikap tidak baik lainnya hanya akan membuat situasi semakin tidak kondusif. Di sisi lain, ketidakbaikan itu juga akan membawa hal-hal negatif pada orang lain.

"Kita membutuhkan lebih banyak kebaikan dan kata-kata penghiburan di saat-saat seperti ini. Bersikaplah baik kepada atasan kita, rekan kerja, keluarga, staf bantuan, dan terutama petugas pengiriman yang mengantarkan bakmi favorit kita ketika kita berada di tempat aman di rumah kita sendiri. Be kind," ujarnya.

Baca Juga: Axton Salim: Pengentasan Angka Stunting Jadi PR Semua Pihak 

Topic:

  • Umi Kalsum
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya