Comscore Tracker

Renovasi Sarinah Ditarget Rampung di Ulang Tahun Indonesia ke-76

Jadi salah satu Kado HUT RI nih

Jakarta, IDN Times - Revitalisasi pusat perbelanjaan Sarinah ditargetkan kelar 17 Agustus 2021. Tanggal tersebut bertepatan dengan ulang tahun Indonesia yang ke-76. Renovasi ini membutuhkan anggaran hingga Rp700 miliar.

Direktur Utama Wijaya Karya (WIKA) Agung Budi Waskito mengatakan WIKA selaku salah satu pengembang yang diberikan tanggung jawab merenovasi proyek itu siap mendukung pelaksanaan renovasi Sarinah tepat waktu.

"Hari ini, WIKA mendapat kehormatan sekaligus kepercayaan untuk meneruskan estafet kebanggaan bangsa, yaitu dengan melakukan transformasi dan renovasi Gedung Sarinah. Jadi kalau hari ini pencanangan, mudah-mudahan 17 Agustus 2021 kita meresmikan," ujar Agung dalam tayangan virtual, Selasa (18/8/2020).

1. Revitalisasi Sarinah bakal melibatkan 400 tenaga kerja muda

Renovasi Sarinah Ditarget Rampung di Ulang Tahun Indonesia ke-76(Ilustrasi tenaga kerja) ANTARA FOTO/Siswowidodo

Agung mengungkapkan renovasi Sarinah bakal melibatkan 400 tenaga kerja dengan usia di bawah 45 tahun. Tidak hanya itu, Agung memastikan bahwa pembangunannya bakal menggunakan 100 persen komponen bahan baku lokal kecuali eskalator yang masih harus diimpor.

"Kemudian kita juga menginstruksikan pada temen-teman lapangan untuk pembelanjaan di bawah Rp 50 juta kita menggunakan PaDi (Pasar Digital) UMKM," ungkap dia.

2. Sarinah diharapkan bisa menjadi jalur transformasi UMKM

Renovasi Sarinah Ditarget Rampung di Ulang Tahun Indonesia ke-76IDN Times/Dhana Kencana

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Sarinah Fetty Kwartati mengungkapkan bahwa konsep Sarinah perlu digiring pula ke nuansa yang lebih modern dan kekinian.

Ketika sudah hadir dengan wajah baru, Sarinah diyakini bisa menjadi gerbang pemersatu brand dan merek lokal sehingga bisa lebih dikenal, lebih memiliki akses pasar dan tetap mengikuti perkembangan zaman.

"Kalau selama ini brand-brand berangkat atau ekspansi sendiri-sendiri, mempunyai challenge (tantangan), tapi dengan Sarinah, ini bisa menjadi gerbong atau satu kekuatan tersendiri dan bisa menciptakan jalur distribusi produk lokal dan UMKM," kata Fetty.

3. PT Sarinah targetkan pasar millennial

Renovasi Sarinah Ditarget Rampung di Ulang Tahun Indonesia ke-76Ilustrasi Belanja Online (IDN Times/Meiska Irena)

Gedung Sarinah nantinya akan 'disulap' sedemikian rupa menjadi tempat nongkrong anak muda. Gedung Sarinah memiliki banyak nostalgia, apalagi bagi mereka yang lahir pada era 1970-1980. Namun, dengan perkembangan zaman, pasarnya pun berubah. Kini millennial menjadi pasar baru yang dominan di Indonesia.

"Sekarang tidak bisa dipungkiri millennial ini populasi yang sangat besar dan jadi future buyers di negeri kita. Ini kita perlu wadahi inspirasi mereka sehingga Sarinah bisa up to date dengan kebutuha para millennial untuk nongkrong, kuliner Nusantara tapi tentu kita ingin usung UKM dan produk yang mengedepankan local content," ujar mantan Dirut Sarinah Ngurang Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa kepada IDN Times, Mei 2020.

Baca Juga: Erick Thohir Ganti Dirut Sarinah, Akan Ada Transformasi Baru?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya