Comscore Tracker

Garuda Hormati Proses Hukum Kasus Pimpinan KPK versus Anak Amien Rais 

Awak kabin yang memberi peringatan justru ditegur

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pamolango terlibat insiden dengan putra Amien Rais, Mumtaz Rais. Insiden itu terjadi dalam penerbangan Garuda Indonesia GA 643 rute Gorontalo - Makassar - Jakarta pada Rabu, 13 Agustus lalu. Terkait hal ini, Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) buka suara. Apa katanya?

“Garuda Indonesia memastikan bahwa perusahaan berkomitmen, untuk selalu menegakkan aturan keamanan dan keselamatan penerbangan secara ketat terhadap seluruh penumpang selama penerbangan,” kata Irfan seperti dikutip dari ANTARA, Sabtu (15/8/2020).

Baca Juga: Penjelasan KPK soal Insiden Anak Amien Rais dengan Wakil Ketua Nawawi 

1. Kronologi kejadian, bermula saat Mumtaz Rais tak mengindahkan peringatan awak kabin

Garuda Hormati Proses Hukum Kasus Pimpinan KPK versus Anak Amien Rais Mumtaz Rais dan Nawawi Pomolango. (IDN Times/ Berbagai sumber)

Keributan antara Nawawi dan Mumtaz bermula saat Mumtaz menggunakan ponselnya ketika pesawat tengah melakukan pengisian bahan bakar (refueling), waktu transit di Makassar.

Sesuai aturan keselamatan penerbangan, awak kabin telah menyampaikan peringatan kepada penumpang sebanyak tiga kali agar penumpang tidak berjalan serta tidak menggunakan alat komunikasi dan seterusnya.

Tapi, peringatan tersebut tidak diindahkan Mumtaz. Awak kabin yang memberi peringatan justru ditegur.

Wakil Ketua KPK Nawawi yang berada di kelas bisnis ikut mengingatkan Mumtaz. Tapi, niat baik Nawawi malah direspons negatif oleh putra Amien Rais itu. Adu argumen pun tak terelakkan.

2. Garuda hormati proses hukum yang berjalan

Garuda Hormati Proses Hukum Kasus Pimpinan KPK versus Anak Amien Rais Irfan Setiaputra, Direktur Utama Garuda Indonesia (IDN Times/Fiqih Damarjati)

Insiden tersebut akhirnya dilaporkan kepada pihak berwajib, dan sedang dalam proses penanganan. Irfan menegaskan bahwa perseroan akan menghormati proses hukum yang berjalan saat ini.

“Garuda Indonesia juga akan menghormati proses hukum yang berjalan, termasuk secara kooperatif akan memberikan informasi lebih lanjut bilamana dibutuhkan,” katanya.

3. Garuda Indonesia tegaskan dukung prioritas keselamatan penerbangan

Garuda Hormati Proses Hukum Kasus Pimpinan KPK versus Anak Amien Rais Ilustrasi Pesawat milik maskapai Garuda Indonesia IDN Times/Yogie Fadila

Atas insiden itu, Irfan memastikan akan memberi dukungan penuh kepada awak kabinnya yang mendapat perlakuan tidak menyenangkan. Apalagi, mereka sedang menjalankan tugas dan berupaya untuk menerapkan aturan keselamatan penerbangan terhadap penumpang.

“Kami juga turut menyampaikan apresiasi kepada penumpang yang senantiasa mendukung penegakan aturan keselamatan penerbangan. Kami meyakini komitmen penerapan safety pada operasional penerbangan dapat berjalan dengan optimal, dengan adanya dukungan dan peran serta seluruh penumpang dalam mematuhi aturan keselamatan penerbangan yang berlaku,” ujar Irfan.

Baca Juga: Mumtaz Rais Mau jadi Sleman 02, Asal yang Mengajak PDI-P

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya